Ungkap Kasus Bom-Jamaluddin, Jajaran Polda Sumut Diberi Penghargaan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 20:47 WIB
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin memberi penghargaan kepada personel yang berperan mengungkap kasus yang jadi perhatian publik (dok. Istimewa)
Foto: Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin memberi penghargaan kepada personel yang berperan mengungkap kasus yang jadi perhatian publik (dok. Istimewa)
Medan -

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin memberikan penghargaan kepada sejumlah personel jajarannya. Penghargaan diberikan kepada anggota yang berperan dalam mengungkap kasus yang jadi perhatian publik.

Salah satu yang menerima penghargaan ialah Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H Tobing atas terungkapnya kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin. Martuasah mengatakan penghargaan ini akan menjadi pemicu semangat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin atas penghargaan yang diberikan kepada saya dan personel lainnya. Semoga dengan penghargaan ini membuat anggota semakin semangat dalam bekerja melayani masyarakat, khususnya mengungkap kasus kejahatan yang ada di wilayah hukum Polsek Medan Baru," kata Martuasah kepada detikcom, Selasa (18/2/2020).

Penghargaan itu diterimanya pada Senin (17/2) kemarin di Lapangan KS Tubun, Mapolda Sumut. Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, serta pejabat utama (PJU) Polda Sumut, para Wadir/Kasubdit, personel, dan ASN Polda Sumut.

Peran Martuasah dalam kasus pembunuhan hakim Jamaluddin yakni menganalisis pola jaringan komunikasi para pelaku yang sangat rumit. Sehingga ditemukan petunjuk yang jelas oleh tim dalam pengungkapan tindak pidana pembunuhan yang sebelumnya sudah direncanakan sangat baik dan rapi oleh para pelaku.

Selain itu, ada enam personel menerima piagam penghargaan di antaranya Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Sumut, Kompol Reinhard Habonaran Nainggolan. Reinhard beserta 29 personel meraih medali emas dalam rangka kompetisi nasional paduan suara Christmas Choir Competition 2019 lalu.

Foto: Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin memberi penghargaan kepada personel yang berperan mengungkap kasus yang jadi perhatian publik (dok. Istimewa)

Kemudian, Kanit 2 Subdit III Dit Reskrimum Polda Sumut AKP Muhammad Firdaus berhasil mengungkap kasus bom bunuh diri di Polrestabes Medan dan pengungkapan kasus pembunuhan hakim Jamaluddin.

Lalu Panit 1 Subdit V Dit Intelkam Polda Sumut Iptu Tombor Marbun beserta 36 personel lainnya diberi penghargaan karena sukses mengungkap jaringan teroris afiliasi Jamaah Islamiah di Riau dan Sumbar. Mereka juga mengungkap jaringan teroris afiliasi JAD dengan menangkap istri dari pelaku bom bunuh diri Polrestabes Medan.

Selanjutnya, Panit 2 Sat PJR Dit Lantas Polda Sumut Iptu Natanail Surbakti berhasil menangkap maling brankas dan laptop pada 3 Januari 2020 di Jalan Tol Belmera. Terakhir, anggota Ditresnarkoba Polda Sumut Aipda Maruba H Silalahi beserta 22 personel yang berhasil mengungkap kasus narkotika dengan barang bukti 70 kg sabu di Jalan Megawati Binjai Timur, Kota Binjai.

Selain itu, dua warga yang pertama kali menemukan mobil berisi jasad Hakim PN Medan, Jamaluddin juga diberi penghargaan karena dianggap membantu polisi mengungkap kasus pembunuhan tersebut. Kepolisian berterima kasih kepada warga karena memberi informasi awal soal penemuan mobil yang berisi hakim Jamaluddin.

"Penghargaan ini diberikan Kapolda Sumut kepada dua orang masyarakat yaitu Bapak Edwar Tarigan dan N Setia Sembiring Ketua PMS Desa Suka Dame yang pertama kali menemukan korban almarhum Jamaluddin di dalam mobil," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan.

(jbr/jbr)