Antisipasi Virus Corona, BPOM Makassar Uji Produk Makanan Asal China

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 16:55 WIB
BBPOM Makassar menguji produk makanan asal China untuk memastikan bebas virus corona (dok. BBPOM Makassar)
BBPOM Makassar menguji produk makanan asal China untuk memastikan bebas virus corona (dok. BBPOM Makassar)
Makassar -

Balai Besar Pengujian Obat dan Makanan (BBPOM) kota Makassar menguji sejumlah produk makanan impor. Makanan yang diuji terutama produk asal China untuk memastikan produknya aman dan bermutu serta ada tidaknya kandungan virus corona.

Pengujian sampel makanan impor terutama asal China tersebut berlangsung di Kantor BBPOM Makassar, Jl Baji Minasa, Selasa (18/2/2020). Pengujian dilakukan di laboratorium kimia maupun labiratorium mikrobiologi. Hasilnya semua memenuhi persyaratan dan aman untuk dikonsumsi serta tak ada ditemukan virus corona dalam makanan tersebut.

Hasil tersebut sekaligus meluruskan kesalahpahaman masyarakat yang selama ini kerap percaya hoax soal penularan virus corona bisa terjadi lewat makanan.

"Penyebaran virus corona tidak usah khawatir dari makanan, itu tidak ada. Virus corona ini membutuhkan inang atau host untuk dia hidup," ujar Kepala BBPOM Makassar, Abdul Rahim kepada wartawan.

"Dia bisa hidup di makhluk hidup, apakah itu dari hewan yang terkena virus atau dari manusia, kalau di makanan, di produk-produk pangan itu pasti tidak akan lama," katanya.

"Virus corona ini membutuhkan inang atau host untuk dia hidup. Dia bisa hidup di makhluk hidup, apakah itu dari hewan yang terkena virus atau dari manusia, kalau di makanan, di produk-produk pangan itu pasti tidak akan lama," kata Abdul Rahim.

Antisipasi Virus Corona, BPOM Makassar Uji Produk Makanan Asal ChinaFoto: BBPOM Makassar menguji produk makanan asal China untuk memastikan bebas virus corona (dok. BBPOM Makassar)

Simak Video "Cerita Tim Evakuasi Dibalik Misi Pemulangan 238 WNI asal China"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2