Bersihkan Limbah Radioaktif, Bapeten-Batan Angkut 107 Drum dari Batan Indah

Lukman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 16:41 WIB
Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan
Foto: Lukman Nurhadi Arunanta/detikcom
Jakarta -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bersama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus melakukan pembersihan di sisa limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Untuk membersihkan sisa limbah radioaktif tersebut, Bapeten dan Batan menerjunkan 100 orang petugas.

"Tugas Batan dalam hal ini dekontaminasi itu dilakukan saat Bapeten segera dekontaminasi pada tanggal 12 Februari, 13, 16, 17. Selama itu kita telah mengerahkan tidak kurang 100 orang membersihkan kontaminan. Yang kami lakukan adalah membersihkan tanah-tanah yang sudah terkontaminasi dan menimbulkan paparan-paparan," kata Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan di Kantor BPPT II, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Bapeten dan Batan telah membersihkan sisa limbah radioaktif selama 4 hari. Total ada 107 drum berbagai ukuran untuk mengangkut sisa limbah radioaktif tersebut.

"Kami sudah mengumpulkan itu sekitar 4 hari tadi sebanyak kurang dari 100 drum ukuran 100 liter berisi tanah yang terkontaminasi dan juga ada 7 drum ukuran 150 (liter) untuk tanaman-tanaman yang situ," ujar Anhar.

Simak Video "Menristek: Limbah Radioaktif di Tangsel Bukan Karena Kebocoran Reaktor Nuklir"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2