Omnibus Law, Menag Beberkan Alasan Ormas Islam Bisa Keluarkan Sertifikat Halal

Kadek Luxiana - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 16:16 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi
Menteri Agama (agung/detikcom)
Jakarta -

Dalam isi draf RUU Omnibus Law cipta kerja (Ciptaker) penetapan kehalalan suatu produk bisa juga dilakukan oleh Ormas Islam, selain dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan hal itu sebagai suatu bentuk ide percepatan.

"Ide kami sebenarnya dua saja, satu bagaimana ada percepatan, kedua kita ingin yang mikro dan kecil dibebaskan dari biaya," kata Fachrul dalam konferensi pers di kantornya, jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

"Kemudian mempercepat tadi itu mungkin muncul beberapa ide percepatan bagaiamana kalau tidak semata-mata MUI, ada yang lain ikut membantu," lanjutnya.

Fachrul mengatakan tidak hanya ingin lenetapan kehalalan itu difokuskan pada satu titik saja. Untuk itu dia meminta agar semuanya menunggu hasil pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Tapi saya kira nggak baik juga kalau center karena memang sudah masuk undang-undang cipta lapangan kerja. Nanti kita tunggu aja pembahasan dari DPR, tapi intinya 2 hal itu saya kira," ujarnya.

Simak Video "Di Omnibus Law Jokowi Bisa Ubah UU Pakai PP, DPR: Mungkin Salah Ketik"

[Gambas:Video 20detik]