Tingkat Radiasi Radioaktif di Batan Indah Terus Turun, Batan: Tinggal 10%

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 13:15 WIB
Petugas membersihkan sisa radioaktif di kawasan Batan Indah, Tangsel. Penyelidikan terkait adanya paparan radioaktif di kawasan itu masih terus dilakukan.
Foto: Antara Foto/Muhammad Iqbal
Jakarta -

Limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), menurun signifikan. Dipastikan, radiasi tinggal 10 persen.

"Jadi kalau dari segi penurunannya (radiasi) di atas 90 persen, tinggal kira-kira 10 persen lagi," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Selasa (18/2/2020).

Heru mengatakan, pagi tadi, radiasi radioaktif yang mengandung unsur Cs 137 ini tinggal 30 persen atau sudah menurun 70 persen. Ketika dilakukan pengerjaan clean up, radiasi radioaktif ini kembali menurun 20 persen atau tersisa 10 persen saja.

Dia pun mengaku senang. Sebab, proses clean up berjalan dengan baik.

"Jadi, dari pagi pukul 09.00 WIB sampai saat ini pukul 12.00 WIB, kami sudah mengumpulkan alhamdulillah, 57 drum (dari proses clean up)," ungkapnya.

Dia mengatakan ada 2 kelompok yang melakukan proses clean up pagi tadi. Kelompok pertama mengambil 31 drum. Sedangkan kelompok 2 mengangkut 26 drum. Heru menjelaskan drum ini dibawa ke Batan.

Lanjutnya, pengerjaan masih akan dilakukan. Dia berharap proses clean up bisa cepat selesai.

"Jadi sekarang (tanah yang sudah dikeruk) sampai kedalaman 80 sentimeter, mungkin kita akan meneruskan sampai benar-benar 1 meter. Jadi kira-kira mungkin besok, jadi tadi saya sudah berkoordinasi dengan tim teknis supaya benar-benar clean, maka kita tambah 20 sentimeter lagi," ujar dia.

(zlf/zlf)