Kebakaran di Toraja Utara: 6 Rumah, 1 Mobil, Uang Rp 300 Juta Hangus

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 22:54 WIB
Kebakaran permukiman di Toraja Utara (dok. Istimewa)
Foto: Kebakaran permukiman di Toraja Utara (dok. Istimewa)
Toraja Utara -

Peristiwa kebakaran melanda permukiman warga di Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya, 6 unit rumah warga, 1 unit mobil serta uang tunai Rp 300 juta milik salah satu korban hangus dilalap api.

"Yang hangus ialah 4 unit rumah panggung, 2 unit rumah semi permanen, 2 unit tongkrongan, 5 unit lumbung, 1 unit mobil Nissan Terano, serta uang tunai milik korban Nenek Brian sebesar Rp 300 juta," ujar Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma saat dihubungi detikcom, Senin (17/2/2020) malam.

"Dan barang-barang milik masing-masing korban habis terbakar dengan total kerugian material hingga saat ini belum dapat ditafsir," sambung Yudha.

Peristiwa kebakaran terjadi di Dusun Saleka Desa Lembang Tondon Langi', Kecamatan Tondon, Toraja Utara, sekitar pukul 14.30 Wita. Api dilaporkan padam setelah dua jam kemudian atau sekitar pukul 16.30 Wita.

Yudha Wirajati mengatakan, api pertama kali terlihat dari lantai 2 milik salah satu rumah warga yang bernama Brian (70). Namun skala api disebut terlihat saat sudah sangat besar sehingga tidak bisa dipadamkan begitu saja.

"Korban Brian mendengar suara letusan dari atas lantai 2 rumahnya kemudian korban berniat melihat sumber letusan tersebut," ujar Yudha.

"Namun korban kaget setelah melihat api sudah mulai besar dan kemudian korban lari bersama-sama dengan cucunya untuk menyelamatkan diri," imbuhnya.

Ada 5 unit armada pemadam kebakaran setempat yang dikerahkan petugas ke lokasi. Sejumlah personel kepolisian dari Polsek Tondon juga dikerahkan. Namun pemadaman tetap memerlukan waktu yang tidak singkat.

Tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa ini. Polisi masih melakukan upaya penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran.

(jbr/jbr)