Bupati Karimun Punya 5 Poin Kesepakatan Terkait Polemik Penolakan Gereja

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 22:30 WIB
Rapat pembahasan polemik penolakan renovasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph (Agus Siagian/detikcom)
Foto: Rapat pembahasan polemik penolakan renovasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph (Agus Siagian/detikcom)
Karimun -

Bupati Karimun Aunur Rafiq menggelar rapat bersama aparat dan semua pihak terkait terjadinya polemik penolakan renovasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph. Dalam pertemuan itu didapatkan lima poin kesepakatan.

"Dari pertemuan tersebut ada lima hal yang disepakati dan lima hal itu kita sampaikan saat ini. Intinya kami bersepakat bahwa lima hal yang sudah kita sepakati akan kami jaga bersama," kata Aunur Rafiq usai pertemuan di kantornya, Jl Jenderal Sudirman-Poros Meral, Tanjung Balai Karimun, Kecamatan Karimun, Senin (17/2/2020).

Dalam pertemuan tersebut dihadiri pejabat TNI-Polri, Kajari Karimun, Wakil Ketua DPRD, Kepala Kemenag Karimun, Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB), Ketua Aliansi Peduli Kabupaten Karimun (APKK), Ketua LAM Karimun, Ketua Lembaga Melayu Bersatu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), Ketua MUI Karimun, Panitia Gereja Katolik Paroki Santo Joseph, dan Ketua Pemuda Khatolik Karimun.

Aunur mengatakan dalam rapat tersebut diputuskan untuk sama-sama menjaga Karimun tetap kondusif, aman, dan harmonis. Para peserta rapat sepakat menyatakan Karimun sebagai kabupaten yang menjamin toleransi.

"Jaminan kelangsungan umat beragama untuk beribadah berjalan dengan baik. Oleh karena itu kita tentu bersama-sama menjaga komitmen ini dengan baik," ungkap Aunur.

Dia mengatakan kesepakatan ini tidak boleh dilanggar. Jika ada pihak yang melanggar maka akan berhadapan dengan proses hukum.

"Pak kapolres dan TNI sudah menjelaskan kalau ada kesepakatan dilanggar, tentunya proses hukum yang akan bicara. Saya minta juga, apabila kesepakatan hukum ini ada dilanggar, saya minta untuk proses hukum ditegakkan sehingga semua bisa kondusif," kata Aunur.

Bupati Karimun Punya 5 Poin Kesepakatan Terkait Polemik Penolakan GerejaFoto: Gereja Katolik Paroki Santo Joseph di Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) (Agus Siagian/detikcom)

Berikut lima kesepakatan hasil rapat:

Selanjutnya
Halaman
1 2