Pohon yang Terpapar Radioaktif Ditebang, Takut Jadi Mutan?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 14:54 WIB
Petugas membersihkan sisa radioaktif di kawasan Batan Indah, Tangsel. Penyelidikan terkait adanya paparan radioaktif di kawasan itu masih terus dilakukan.
Foto: Kawasan yang terpapar limbah radioaktif (Antara Foto/Muhammad Iqbal)
Jakarta -

Limbah radioaktif di lapangan perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), masih di-clean up. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) akan menebang pohon-pohon yang sudah terpapar radioaktif. Kenapa?

Sebagaimana dicatat Dewi Ayu Warmadewi dalam tulisan berjudul 'Mutasi Genetik', radioaktif merupakan salah satu agen mutasi yang bisa membuat tumbuhan atau makhluk hidup bermutasi. Hal ini dikarenakan paparan radioaktif memliki daya tembus yang kuat sehingga mencapai bahan genetis dalam inti sel.

Secara alami, frekuensi mutasi terhitung rendah, yakni 1:10.000 individu. Namun, mutasi bisa secara spontan terjadi oleh faktor paparan radioaktif. Makhluk hidup yang bermutasi, baik hewan maupun tumbuhan disebut mutan.


Dampak mutasi terhadap tumbuhan dan hewan ini sudah terbukti pada saat kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl terjadi pada 26 April 1986 di kawasan Ukraina, saat itu masih menjadi kawasan Uni Soviet. Sejumlah hewan dan tumbuhan yang terpapar radioaktif mengalami mutasi.

Ahli biologi Timothy Mousseau selama beberapa dekade mempelajari populasi burung di Chernobyl. Ia melihat di beberapa area yang terkontaminasi dengan radiasi tinggi populasi burungnya memiliki banyak mutasi dari ditumbuhi tumor, setengah albino, hingga bentuk sayap dan paruh yang aneh.

Pohon yang Terpapar Radioaktif Ditebang, Takut Jadi Mutan?Foto: Burung yang diteliti Timothy mengalami mutasi (dok. Natgeo)



Untuk diketahui Zat radioaktif Cs 137 yang mencemari kawasan permukiman di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan ialah unsur yang sama dengan zat yang menyebar saat bencana nuklir Chernobyl.

Simak Juga Video "Batan Sudah Angkut 87 Drum Paparan Limbah Radioaktif"

[Gambas:Video 20detik]


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2