Diguyur Hujan, Pengangkutan Limbah Radioaktif di Tangsel Dilanjutkan Besok

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 15:16 WIB
Pembersihan limbah radioaktif di Komplek Batan (Sachril Agustin-detikcom)
Pembersihan kawasan dari limbah radioaktif di Kompleks Batan (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Pengambilan limbah di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), dihentikan. Proses clean up dihentikan karena hujan.

Pantauan detikcom, Minggu (16/2/2020), di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, sekitar pukul 14.18 WIB, petugas mulai merapikan alat-alat yang dipakai untuk mengangkut tanah yang terpapar zat radioaktif. Tanah yang menjadi lokasi terpaparnya zat radioaktif ditutup terpal. Drum pun mulai diangkut ke truk.

"Jadi karena kondisi tidak memungkinkan, proses clean up dihentikan sementara," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Minggu (16/2/2020).

Heru menambahkan hujan menjadi kendala petugas dalam mengambil tanah yang terkontaminasi zat radioaktif. Sebab, medan menjadi licin dan berat.

Dia mengatakan ada 34 drum yang sudah diangkut petugas. Jumlah ini, lanjutnya, masih jauh dari total target drum hari ini, yakni sekitar 100 drum.

Heru mengungkapkan, drum yang telah diangkut ini akan dibawa ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR)-Batan. Total keseluruhan drum berisi tanah zat radioaktif yang telah diangkut petugas, lanjutnya, sekitar 90 drum.

"Jadi hari ini kita akan melakukan rapat evaluasi," ucap dia.

Lainnya, dia menjelaskan, pengerjaan clean up akan dilanjutkan besok, yakni dari sekitar pukul 09.00 WIB

"Nah, rencananya besok akan dimulai sama seperti tadi. Jadi kita mulai kumpul jam 08.30 WIB. Kira-kira pukul 09.00 WIB mulai kerja lagi, begitu," pungkasnya.

Tonton juga video Petugas Kembali Bersihkan Limbah Radioaktif di Batan Indah:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)