Bikin Surat Numpang Nikah, Ini Persyaratannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 14:45 WIB
isyana sarasvati akad nikah
Bikin Surat Numpang Nikah. Foto: dok. Instagram @thebridestory
Jakarta -

Ada rencana menikah tahun ini? Sebelum mendaftar ke KUA, ada baiknya kamu ketahui persyaratan untuk menikah. Termasuk membuat surat numpang nikah.

Salah satu persiapan penting dalam proses pernikahan ialah mengurus surat nikah. Jika tempat menikah kamu berbeda domisili dari tempat tinggalmu, tentu surat numpang nikah harus kamu buat.

Jadi, sebelum mengurus surat nikah, tetapkan dulu akad nikah kamu nantinya di mana. Tentu lokasi ini akan berpengaruh dalam pengurusan surat nikah.

Surat numpang nikah adalah jika akad nikah digelar di area domisili calon pengantin wanita (CPW) maka calon pengantin pria perlu mengurus surat numpang nikah. Dan jika akad nikah digelar bukan digelar di area domisili CPW maupun calon pengantin pria (CPP) maka keduanya perlu mengurus surat numpang nikah.

Berikut ini syarat numpang nikah yang bisa kamu persiapkan yang dikutip dalam lampung.kemenag.go.id:

1. Surat Pengantar RT dan RW

Saat meminta surat pengantar dari RT dan RW setempat. Kamu perlu mempersiapkan fotokopi KK (kartu keluarga) dan fotokopi KTP CPW dan CPP.

2. Surat Pengantar Kelurahan

Setelah mendapatkan surat pengantar RT dan RW, selanjutnya mengurus ke tingkatan kelurahan. Di sini kamu meminta dibuatkan surat pengantar ke KUA dari pemohon izin numpang nikah.

Persyaratan yang perlu kamu siapkan adalah fotokopi KTP CPW dan CPP, fotokopi KTP orang tua, fotokopi kartu keluarga (KK) CPW dan CPP, pasfoto terbaru berlatarbelakang warna biru ukuran 3x4 dan 2x3 masing-masih 2 lembar serta surat pengantar dari RT/RW.

Isi formulir resmi N1, N2 dan N4 dan surat keterangan belum menikah.

3. Surat Rekomendasi dan Pengajuan Pernikahan ke KUA

Langkah yang terakhir adalah pergi ke KUA untuk meminta rekomendasi surat numpang nikah ke tempat tujuan dengan membawa persyaratan fotokopi KTP CPP dan CPW, fotokopi kartu keluarga (KK), surat pengantar dari kelurahan (N1, N2 dan N4), foto 2x3 dan 4x3 masing-masing 3 lembar, fotokopi akte kelahiran, ijazah terakhir dan kartu keluarga (KK) CPW dan CPP.

Setelah dari KUA tempat pemohon yang ingin izin numpang nikah, kamu akan mendapat surat rekomendasi pindah nikah yang diperlukan untuk mendaftar ke KUA yang dituju.

(lus/erd)