Pulang Misi Evakuasi Wuhan-Natuna, Prajurit TNI AU Disambut di Maros

Moehammad Bakrie - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 11:21 WIB
Prajurit TNI AU selesai menjemput WNI dari Wuhan, ikut observasi di Natuna, dan kini pulang ke Maros. (M Bakrie/detikcom)
Prajurit TNI AU selesai menjemput WNI dari Wuhan, ikut observasi di Natuna, dan kini pulang ke Maros. (M Bakrie/detikcom)
Jakarta -

25 Prajurit TNI AU ini disambut dengan peluk dan cium pihak keluarga. 25 Orang kru dan pilot dari dua skadron di Lanud Hasanuddin itu baru saja pulang dari masa observasi 14 hari di Natuna. Kini tak ada lagi rasa was-was terhadap virus corona.

Sambutan hangat pihak keluarga kepada para prajurit TNI AU ini dilakukan di Lanud Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (16/02/2020).

25 Prajurit TNI AU ini baru saja menyelesaikan misi evakuasi WNI dari Wuhan (China) ke Natuna (Indonesia). Sepulangnya dari Wuhan, mereka tak bisa langsung balik ke Maros, melainkan harus ikut menjalani masa observasi virus corona di Natuna, sama seperti 238 WNI yang mereka evakuasi dari Wuhan.

Pulang Misi Evakuasi Wuhan-Natuna, Prajurit TNI AU Disambut di MarosFoto: Prajurit TNI AU selesai menjemput WNI dari Wuhan, ikut observasi di Natuna, dan kini pulang ke Maros. (M Bakrie/detikcom)

"Alhamdulillah hari ini kami merasa sangat lega bisa kembali bertemu keluarga kami di sini. Kalau dari sini (Lanud Hasanuddin) ada dua pesawat dari total empat pesawat TNI AU untuk evakuasi," kata salah satu dari rombongan, Mayor Pnb Pratama Efendi.

Selama berada di Natuna, mereka menjalani masa observasi di lokasi yang berbeda bersama 238 WNI lainnya. Setiap hari, mereka menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim yang dipantau langsung oleh World Health Organization (WHO).

"Kami di sana tidak digabung dengan WNI dari Cina itu. Tapi pemeriksaannya sama dengan mereka, semua diperiksa baik fisik maupun psikologis kami. Itu ada WHO yang pantau langsung," lanjutnya.

Selama menjalankan tugas kemanusiaan itu, pihak keluarga mengaku sangat cemas. Apa lagi, saat mereka harus menjalani masa observasi sama seperti WNI yang mereka evakuasi dari pesawat komersil di Batam. Merekapun sangat lega, setelah dinyatakan bebas dari corona.

"Yah sempat was-was juga waktu ditugaskan. Apalagi harus ikut jalani observasi. Tapi karena dukungan keluarga dan juga teman-teman di sini, kami jadi lebih sabar. Kami komunikasinya tuh lancarlah waktu di sana," kata salah seorang istri, Yuanita.

Simak juga video Lulus Observasi di Natuna, WNI dari Wuhan Dipulangkan:

Selanjutnya
Halaman
1 2