Begini Awal Mula Penemuan Limbah Radioaktif di Perumahan Batan Tangsel

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 09:50 WIB
Wilayah Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan paparan radioaktif, Sabtu (15/2/2020). Kondisi di titik paparan radioaktif masih dibatasi menggunakan garis perimeter.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menemukan unsur radioaktif di sebuah lapangan kosong Perumahan Batan Indah Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. Begini awal mula penemuan unsur radioaktif tersebut.

Dalam keterangan resmi yang dirilis ditulis Minggu (16/2/2020), penemuan ini bermula ketika Bapeten melakukan pengujian rutin fungsi alat pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (mobile RDMS-MONA). Bapeten sudah memiliki alat ini sejak 2013 dan selalu dilakukan uji fungsi alat.

Pada tanggal 30-31 Januari 2020, Bapeten melakukan uji fungsi dengan meliputi target area Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah dan Stasiun KA Serpong.

Secara umum, nilai paparan radiasi lingkungan di daerah tersebut normal, namun terjadi peningkatan atau kenaikan nilai paparan radiasi di lingkingan area tanah kosong di Perumahan Batan Indah.

Tim kemudian melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.

Bapeten Sebut Sumber Radioaktif di Batan Indah dari Sisa Limbah:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2