Limbah Radioaktif Diduga Sengaja Dibuang, Batan Serahkan ke Bapeten

Andhika Prasetia - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 07:23 WIB
Wilayah Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan paparan radioaktif, Sabtu (15/2/2020). Kondisi di titik paparan radioaktif masih dibatasi menggunakan garis perimeter.
Lokasi zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Pihak Batan menyerahkan ke Bapeten untuk melakukan investigasi.

"Kewenangan penyelidikan terkait adanya paparan radiasi di perumahan Batan Indah menjadi kewenangan Bapeten," ujar Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama Batan Heru Umbara lewat pesan singkat, Minggu (16/2/2020).

Batan memastikan radioaktif di Perumahan Batan Indah bukan dari aktivitas reaktor nuklir. Bila ada kebocoran dari reaktor, tak mungkin radioaktif hanya berada di lokasi tersebut.

"Jadi kita bisa memastikan bahwa adanya peningkatan paparan di sini itu bukan dari atau mungkin sumbernya dari reaktor. Karena tidak mungkin ada bocoran atau gitu dari reaktor yang hanya daerahnya sini saja," kata Heru.

Selanjutnya, pihak Bapeten akan kembali memetakan paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah hari ini. Bapeten saat ini menduga ada pihak yang sengaja membuang limbah radioaktif di perumahan tersebut.

"Jadi intinya begini, perlu ditegaskan bahwa ini bukan kebocoran atau kejatuhan atau fall out, gitu. Semata-mata mungkin ini memang ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apa pun. Kita akan menginvestigasi lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, Sabtu (15/2).

Bapeten Sebut Sumber Radioaktif di Batan Indah dari Sisa Limbah:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/eva)