500 Personel Brimob Simulasi Pengamanan Pilkada di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 16:19 WIB
DOK. ISTIMEWA/ Simulasi pengaman Pilkada Makassar
Simulasi pengamanan Pilkada Makassar (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Ratusan personel Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar simulasi pengamanan pilkada bila terjadi kondisi ricuh. Simulasi digelar sebagai persiapan polisi dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Proses simulasi ini melibatkan 500 personel dari Kompi Anti Anarkis beserta Kompi Penindakan Huru-Hara (PHH) di lapangan Trans Studio Makassar (TSM), Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu (15/2/2020).

Dalam simulasi, sejumlah kendaraan taktis juga diterjunkan, seperti 3 unit Barracuda, 4 unit Vulcano, 2 unit water cannon, 10 unit sepeda motor, hingga ambulans.

"Simulasi ini adalah wadah menyamakan persepsi setiap anggota Brimob sehingga semua siap menghadapi Pilkada Serentak 2020 yang sudah di depan mata," ujar Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Muhammad Anis pascasimulasi.

Anis mengatakan simulasi hari ini merupakan penerapan hasil latihan personelnya dan uji kesiapan polisi dalam penanganan kericuhan yang sesuai dengan standar pengendalian massa yang ricuh.

Standar pengamanan tersebut, kata Anis, diatur perundang-undangan yang berlaku, dalam hal ini Peraturan Kapolri (Perkap) 02 Tahun 2019 tentang Penindakan Huru-Hara.

"Initinya cepat, tegas, dan terukur memukul mundur massa yang brutal dan situasi dapat kembali kondusif," katanya.

(fdn/fdn)