Cek Kondisi Air di Batan Indah, Bapeten: Hasilnya Negatif Radioaktif

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 14:41 WIB
Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Sestama Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto (Rolando/detikcom)
Tangerang Selatan -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengecek kondisi air di sekitar Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), yang terpapar radioaktif. Dari hasil pengecekan, air di sekitar lokasi negatif dari radioaktif.

"Air bersih, maksudnya air negatif tidak terkontaminasi. Tapi yang daun-daun yang misalkan di sini sudah diangkat, itu yang terkontaminasi, pohon-pohon, sudah diangkat," kata Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2/2020).

Selain mengecek kondisi air, Hadi mengatakan Bapeten memeriksa kondisi kesehatan warga di sekitar lokasi. Namun hasil pemeriksaan belum keluar karena diperlukan pemeriksaan yang mendalam.

"(Mengenai) kesehatan warga, kami melakukan paralel. Jadi saat ini sudah ada beberapa sudah kami sampling, itu juga dengan laboratorium Batan. Saya belum terima karena itu lebih teliti ngukurnya. Saya belum terima informasi hasilnya," ujar Hadi.

"Tapi saya nggak bisa menduga-duga, tapi kami sudah melakukan sampling beberapa warga di sini yang kami uji apakah sampai terkontaminasi atau tidak ke warga tersebut," sambungnya.

Tonton juga Kondisi Lokasi di Tangsel yang Terpapar Radioaktif :

Selanjutnya
Halaman
1 2