Wamendes: Teknologi Digital Dorong Kemajuan Ekonomi Desa

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 13:29 WIB
Kemendes PDTT
Foto: Kemendes PDTT
Jakarta -

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan teknologi kini memberikan peran yang penting dalam mewujudkan pembangunan desa. Oleh karenanya, implementasi dana desa melalui BUMDes harus mampu menggerakkan perekonomian.

"Teknologi digital memberi daya dorong dan daya ungkit yang penting bagi kemajuan desa. Maka kehadiran BUMDes sangat penting bagi desa-desa di seluruh Indonesia. BUMDes harus mampu menjadi penggerak bagi ekonomi perdesaan," ujar Budi dalam keterangannya, Sabtu (15/2/2020).

Dalam Temu Wicara yang bertajuk Peran Pengembangan Teknologi Era Digital untuk Ketahanan Ekonomi Pedesaan di Jatilawang Banyumas ini, Budi juga menekankan pentingnya peran pemuda di desa untuk memberikan perubahan melalui teknologi.

"Setiap saya turun ke desa selalu saya tanya ada berapa persen anak muda yang tinggal di desa. Sebab teknologi digital sangat akrab dengan anak muda. Desa-desa yang digerakkan anak muda akan membawa perubahan dan kemajuan yg signifikan," jelasnya.

"Seperti yang selalu dikatakan oleh bapak Presiden Jokowi bahwa Indonesia yang luas ini sangat
memungkinkan menjadi energy of Asia di bidang teknologi informasi. Dengan teknologi digital pasar menjadi sangat luas dan tanpa batas hingga ke manca negara, imbuhnya..

Sementara itu, hal yang sama juga diungkapkan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Menurutnya, manfaat teknologi kini sudah sangat luas tidak hanya sebatas inovasi tapi bisa memberi dampak yang baik bagi desa.

Sebagai informasi, acara yang dihadiri oleh ratusan peserta UMKM dan BUMDes lebih juga di gelar berbagai bazar produk jamu, makanan, minuman, kerajinan dan batik dari buruh migran yang sudah kembali dan ikut membangun industri di desa ini.

(akn/ega)