Round-Up

Satire Aksi Roedy Si Spiderman Parepare

Hasrul Nawir - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 09:05 WIB
Spiderman asal Parepare, Sulsel membersihkan sampah di kawasan pantai.
Spiderman asal Parepare, Sulsel membersihkan sampah di kawasan pantai. (Hasrul Nawir-detikcom)
Parepare -

Roedy Hartono (36) memungut dan membersihkan sampah di pesisir pantai Parepare, Sulawesi Selatan dengan menggunakan kostum superhero Spiderman bukan untuk mencari sensari. Dia memilih kostum itu agar dapat menggugah orang untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Aksinya itu lalu disorot media internasional.

Sudah setahun Roedy membersihkan sampah dengan kostum Spiderman, tepatnya sejak Februari 2019. Sambil membawa kantong plastik hitam berukuran besar, dia menyusuri sampah di jalanan hingga pantai di Parepare.

detikcom menemui Roedy saat memilah dan memungut sampah plastik di kawasan Pantai Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soraeng, Kota Parepare, Sulawesi selatan, Jumat (14/2/2020). Dia tampak membersihkan sampah bersama seorang bocah laki-laki berpakaian superhero 'The Flash'.

"Alhamdulillah setelah menjadi perbincangan, sudah banyak yang mau membantu bahkan anak ini sampai tergugah hatinya dan ingin membersihkan sampah bersama dengan saya di pesisir pantai," katanya.

Roedy sehari-hari bekerja sebagai Jurnalis Freelance dan membantu mengelola manajemen keuangan sebuah warkop di Kota Parepare. Dia membeberkan alasan memakai kostum superhero saat membersihkan sampah.

"Saya memang berniat untuk menarik perhatian warga, karena sebelumnya saya pernah melakukan hal yang sama tapi tidak mendapat respons yang baik, malah dibilang orang gila. Sayapun memutuskan memakai kostum Spiderman," ujarnya.

Roedy juga mengaku penggemar berat tokoh Spiderman. Roedy bersyukur aksinya dengan kostum Spiderman ini menarik perhatian warga.

"Kebetulan saya penggemar berat tokoh Spiderman ini sejak zaman komik. Dan alhamdulillah ternyata berhasil menarik perhatian warga, ada yang ikut membantu meski lebih banyak yang minta selfie, tapi yang jelas saya berhasil membuat aksi saya ini dilihat dan berharap bisa menggugah hati mereka untuk ikut peduli," tuturnya.

Tonton juga Cara Keren 'Spider-Man' Parepare Rayakan Valentine :

Selanjutnya
Halaman
1 2