Periode Kedua, Zulhas Disebut Dukung Penuh Pemerintahan Jokowi

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 16:45 WIB
Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi mendaftar sebagai calon Ketua Umum (Ketum) PAN. Zulhas mengaku didukung oleh 26 DPW PAN se-Indonesia.
Foto: Zulhas (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Periode kedua kepemimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas) di PAN diklaim mendukung pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Politikus PAN, Rizki Aljupri mengaku telah mendapatkan arahan dari Zulhas mengenai sikap PAN tersebut.

"Arahan dari Bang Zul sudah jelas. PAN all out mendukung pemerintah. Kita lakukan ini semata-mata karena ingin Pak Jokowi sukses membawa Indonesia semakin maju di periode kedua beliau," kata Rizki kepada wartawan, Jumat (14/2/2020).

Rizki mengatakan arahan dari Zulhas ini harus diikuti oleh seluruh kader PAN. Dia mengatakan hal itu merupakan mandat Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa hari lalu.

"Hasil Kongres di Kendari kemarin mempertegas bahwa saat ini tidak ada lagi matahari kembar di dalam tubuh PAN. Bang Zul sebagai ketua umum memiliki legitimasi yang valid untuk membawa PAN mendukung pemerintah," sebut Rizki.

Rizki menyebut PAN mendukung pemerintahan Jokowi jilid II tanpa syarat. Ia mencontohkan kasus Jiwasraya, di mana PAN bisa memberikan dukungan ke pemerintah dengan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Membantu pemerintah itu kan bukan berarti harus masuk ke dalam kabinet. Contohnya masalah BPJS dan juga Jiwasraya, bukan berarti kader PAN yang harus jadi Menteri Kesehatan atau Menteri BUMN. Kita tetap bisa berperan aktif memberikan solusi melalui Fraksi PAN yang ada di DPR RI," ujar Rizki.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai Ketua Umum PAN usai mengungguli kandidat yang didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap. Dia keluar sebagai pemenang dengan perolehan 331 suara.

Video Zulkifli Hasan Penuhi Panggilan KPK :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)