Pak Ogah Buat Macet Makassar, Ketua DPRD: Dishub Stand By di Jalan!

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 13:16 WIB
Pak Ogah di Makassar (dok detikcom)
Foto: Pak Ogah di Makassar (dok detikcom)
Makassar -

Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo menyoroti maraknya Pak Ogah yang menjadi biang kemacetan di Kota Makassar. Rudi meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menyiagakan personel di jam sibuk khususnya pagi, sore, hingga malam.

"Pak Ogah harusnya Dishub bisa tertibkan, makanya saya katakan, pegawai Dishub ini kan bayak, jumlahnya banyak. Itu ditempatkan di titik-titik jalan, misalnya 1 orang di Jalan Boulevard, Jalan Pengayoman, Jalan Hertasning, ditempatkan satu-satu saja," kata Rudi kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

Rudi menyebut Dishub memiliki SDM yang cukup untuk menyiagakan personel di jalanan yang ramai pak ogah beraksi. Dishub bersama Satpol PP dan pihak terkait lainnya harusnya tidak saja melakukan razia-razia.

"Pak ogah memang ini biang macet juga. Bukan mengatur malah bikin macet," ujarnya.

Dishub Makassar bersama tim terpadu sudah beberapa kali menertibkan dan mengamankan pak ogah yang kerap beraksi di tempat perputaran kendaraan. Namun menurut Rudi razia tidak memberi efek jera.

"Makanya perlu ada pegawai Dishub yang standby, supaya ada setiap orang memantau 1 jalan, atau 2 orang 1 jalan, mereka keliling dan awasi jalan itu," paparnya.

"Yang jadi problem memang kalau hanya pada saat awal dijaga, terus setelah itu menghilang, masalah kalau begitu. Makanya harus stabdby dijaga, khususnya jam sibuk. Karena sore sama pagi itu potensi macet. Jalan Hertasning itu banyak sekali Pak Ogah, karena banyak tempat putaran," lanjutnya.

(nvl/gbr)