Ketua DPRD Makassar Minta Perusahaan Daerah Ambil Alih Parkir Liar

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 12:57 WIB
Parkir liar di Makassar (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Foto: Parkir liar di Makassar (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo meminta Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar untuk menertibkan dan mengambil alih parkir liar yang berada di fasilitas umum. Hal ini untuk mengurangi kemacetan akibat banyaknya parkir liar.

"Kita kan sudah ada direksi baru perparkiran (PD Parkir) saya lihat sudah seminggu ini mulai bergerak, sudah kerja sama dengan Kapolres, TNI, Danpom, ini untuk pendampingan," ujar Rudi kepada detikcom, Jumat (14/2/2020).

Rudi meminta Pemkot Makassar serius memerangi parkir liar. Dia juga meminta Pemkot mendukung PD Parkir dalam menertibkan dan mengambil alih parkir liar.

"Kalau ada yang backing-backing ya lawan, tidak usah takut. Karena persoalan perparkiran ini jadi keluhan banyak orang, dan sejauh ini potensi pendapatan di sektor parkir masih minim," katanya.

Rudi menyebut diambilnya parkir liar oleh PD Parkir dapat menambah potensi pendapatan dan juga dapat menertibkan parkir liar yang menyebabkan macet.

"Ini kita desak supaya direksi baru PD Parkir sungguh-sungguh mengatasinya, supaya nyaman, parkir tidak semrawut," paparnya.

Rudi melihat lokasi yang dijadikan tempat parkir liar saat ini banyak yang merupakan fasilitas umum. Salah satunya yang berada di sekitar Mal Panakukang.

"Apalagi kalau di parkir-parkir yang di tepi jalan, itu kan kewenangannya. Kalau masuk ke kompleks perbelanjaan ya harus jelas, kalau itu memang masuk fasum maka PD parkir bisa masuk sebagai pengelola. Yang di bawah kolong Mal MP yang buat macet itu, ya itu PD Parkir harus ambil alih," tegasnya.

(nvl/gbr)