Rentetan Cerita Kecolongan Anies Baswedan yang Bikin Heboh

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 11:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Penghargaan Diskotek Colosseum

Pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 untuk Diskotek Colosseum dicabut. Pemprov DKI Jakarta mengatakan tanda tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada penghargaan tersebut merupakan cetakan.

"Pemberian penghargaan kepada Colosseum yang diputuskan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dengan SK nomor 388 tahun 2019 tentang penetapan pemenang Adikarya Wisata 2019 dibubuhi tanda tangan cetak," ujar Sekda Provinsi DKI Jakarta Saefullah, di gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Anies menyebut tanda tangan yang ada di penghargaan Adikarya Wisata 2019 kepada Diskotek Colosseum bukan bentuk pemalsuan. Tanda tangan itu dicetak banyak untuk penghargaan. "Cuma itu tanda tangan yang dilakukan secara banyak untuk penghargaan," ucap Anies di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019).

Anies akhirnya mencopot Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud), Alberto Ali, seusai pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 untuk diskotek Colosseum. Anies menyebut tindakan pemberian penghargaan tersebut fatal dilakukan karena sebelumnya ada laporan dari BNNP DKI terkait Colosseum. Oleh sebab itu, Anies langsung mencopot Alberto.

Masa jabatan Alberto terbilang singkat, dia belum dua bulan memegang jabatan Plt Kadisparbud. Dikutip dari laman PPID DKI Jakarta, Alberto memegang jabatan ini setelah Kadisparbud yang lama, Edy Junaedi, mundur mendadak pada 31 Oktober 2019. Saat itu, Edy hanya menjabat 8 bulan. Keputusan Edy ini saat itu sempat dikaitkan dengan kehebohan munculnya anggaran influencer pariwisata senilai Rp 5 miliar, yang kemudian dihapus. Namun Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir menepis isu itu.

Saat akhirnya duduk sebagai Plt Kadisparbud, Alberto menyerahkan penghargaan Adikarya Wisata pada 6 Desember 2019, salah satunya ke diskotek Colosseum. Ternyata, pemberian penghargaan itu membuat posisi Alberto ternyata tidak bertahan lama. Hanya 1,5 bulan menjabat, Alberto telah dicopot dari jabatan Plt Kadisparbud oleh Anies.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5