MUI Apresiasi Konsistensi Pemerintah Perjuangkan Nasib Palestina

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 05:24 WIB
gedung MUI
Gedung MUI (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memuji dan memberi apresiasi tinggi kepada pemerintah Indonesia yang konsisten membela dan memperjuangkan nasih rakyat Palestina. Konsistensi diharapkan terus berlanjut.

Sekjen MUI Anwar Abbas melihat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersama Israel berupaya mempengaruhi negara-negara anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendukung 'deal of the century'. Menurutnya 'deal of century' menafikkan kedaulatan dan perjuangan tumpah darah rakyat Palestina atas Yerusalem yang direbut oleh Israel.


"Namun pemerintah Indonesia dengan tegar dan lantang lewat menteri luar negerinya tetap konsisten dan berani menyuarakan suara kebenaran meskipun jelas2 akan mendapat tantangan berat dari negara adikuasa tersebut dan sekutu-sekutunya," kata Anwar Abbas dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Anwar memandang sikap konsisten mendukung rakyat Palestina ini sejalan dengan amanat yang ada di Pembukaan UUD 1945. Dia memuji langkah Indonesia yang mendorong resolusi penolakan terhadap 'deal of century'.

"Namun bersama Tunisia, Indonesia akan tetap berjuang dan memprakarsai pertemuan khusus Dewan Keamanan PBB bagi membahas nasib rakyat dan bangsa serta negara Palestina. Sikap yang diambil oleh pemerintah Indonesia ini jelas-jelas mencerminkan konsistensi negeri ini yang anti terhadap penjajahan seperti yang tercantum dan diamanatkan oleh pembukaan UUD 1945," tuturnya.

Anwar menyatakan MUI mendukung langkah Menlu Retno Marsudi. Dia yakin rakyat Indonesia mendukung langkah pemerintah dalam membela kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

"Untuk itu MUI yakin perjuangan Ibu Menlu akan mendapatkan dukungan penuh dari seluruh rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi perikemanusiaan dan perikeadilan. Selamat berjuang Ibu Menlu. Doa kami untuk Anda," ungkapnya.

Tonton juga video Deal of Century Buatan Trump Picu Amarah Warga Yordania:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/lir)