7 Tahanan Polsek di Lampung Kabur, 3 Orang Sudah Ditangkap

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 18:28 WIB
Ilustrasi Penjara
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Sebanyak 7 orang tahanan Polsek Natar, Lampung melarikan diri. 3 orang sudah berhasil ditangkap sedangkan 4 lainnya masih diburu.

"Didapati 7 orang tahanan yang berada dalam sel sudah tidak ada dan telah melarikan diri dengan cara menjebol tembok dan merusak asbes serta atap ruang tahanan," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Kamis (13/2/2020).

Peristiwa itu terjadi pada Kamis pukul 02.00 WIB. Saat itu, petugas mendengar suara atap asbes jatuh di belakang ruang tahanan, setelah dilakukan pengecekan oleh personel Polsek Natar didapati 7 orang tahanan yang berada dalam sel sudah tidak ada.

Polisi langsung melakukan pengejaran dan menangkap 3 tahanan berinisial MDP (29), AH bin S (31) dan RD (25). Sedangkan 4 orang lainnya yang belum tertangkap yakni SA (26), PS (21), MJ (26) dan DK (25).

"Berdasarkan keterangan tahanan kabur yang berhasil ditangkap, upaya melarikan diri tersebut sudah direncanakan sebelumnya oleh tahanan MJ," ujar Pandra.

Polisi meminta keempat tahanan itu segera menyerahkan diri. Polisi juga mengancam akan menindak tegas keempat tahanan itu jika tak kunjung menyerahkan diri.

"Apabila para tahanan tidak mau menyerahkan diri, pihak kepolisian akan melakukan upaya paksa dan tidak segan-segan melakukan tindakan tegas dan terukur jika para tahanan melakukan perlawanan dan membahayakan keselamatan baik petugas maupun masyarakat," ucapnya.

(abw/gbr)