MKD DPR Akan Rapat Bahas Aduan ke Arteria Dahlan soal Debat Emil Salim

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 18:03 WIB
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR bakal menggelar rapat membahas sejumlah aduan masuk pekan depan. Salah satu yang akan dibahas adalah aduan terhadap Arteria Dahlan terkait debat dengan ekonom Emil Salim dalam acara di stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu.

"MKD DPR akan menggelar rapat yang salah satunya membahas aduan masyarakat terhadap Arteria Dahlan, Senin (17/2) pekan depan," kata anggota MKD DPR RI Wihadi Wiyanto dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

"Laporan tersebut terkait insiden yang terjadi pada acara Mata Najwa yang dihadiri Arteria dan Emil Salim beberapa waktu lalu," sebut Wihadi.

Wihadi mengaku belum bisa membuka identitas pengadu. Namun dia menyebut aduan terhadap Arteria Dahlan sudah masuk ke MKD.

Untuk diketahui, debat Arteria dan Emil Salim di acara Mata Najwa sempat jadi sorotan publik setelah politikus PDIP itu menyebut Emil Salim sesat. Mereka berdebat perihal Perppu KPK. Arteria sempat menunjuk-nunjuk Emil Salim dalam momen itu.

"Sebagai anggota MKD, saya mendorong agar pemeriksaan aduan terhadap Arteria Dahlan ini dilakukan secara terbuka," sebut Wihadi.

Wihadi meminta Arteria Dahlan dinonaktifkan dari posisi anggota MKD terkait aduan ini. Permintaan Wihadi guna memastikan pemeriksaan terhadap Arteria Dahlan tetap imbang.

"Selain itu, saya juga akan meminta dalam keputusan rapat anggota nanti MKD agar menonaktifkan Arteria Dahlan sebagai anggota MKD terlebih dahulu dalam perkara yang terkait dirinya sendiri. Ini agar pemeriksaan terhadap kasus Arteria Dahlan objektif," sebut Wihadi.

Tonton juga Pimpinan Komisi III Dukung Pemerintah Pulangkan Anak WNI Eks ISIS :

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/fjp)