Damkar DKI Pamerkan Robot Rp 37 M, Bisa Manuver hingga Masuk Lorong

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 11:39 WIB
Damkar DKI pamerkan robot Dok-ing MVF-U3 senilai Rp 37,4 miliar.
Foto: Damkar DKI pamerkan robot Dok-ing MVF-U3 senilai Rp 37,4 miliar. (Sachril-detikcom)
Jakarta -

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta membeli robot pemadam kebakaran (Damkar) Dok-ing MVF-U3 senilai Rp 37,4 miliar. Penampakan dan cara kerja robot ini diperagakan.

Pantauan detikcom di kantor PKP DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (13/2/2020), robot pemadam kebakaran ini ditaruh di atas truk. Ketika diperagakan, robot ini diturunkan.

Robo itu berwarna merah dan berbentuk seperti tank kecil. Pada bagian depan, terlihat ada 1 capitan. Besar robot pemadam kebakaran berkisar 3x4 meter.

Robot digerakkan dengan remote control. Ada 1 petugas damkar yang terlihat pengoperasian robot ini dengan menggunakan remote control tersebut.

Simulasi dilakukan usai robot diturunkan. Nozzle diangkat tinggi sampai sekira 6 meter. Usai diangkat, robot pemadam kebakaran ini menyemprotkan air ke depan.

"Robot ini memiliki kapasitas volume air 2.500 liter dan foam 500 liter," kata salah satu petugas damkar ketika menginformasikan robot ini.

Usai memperagakan penyemprotan air, robot ini dioperasikan melintas manuver. Tampak, 5 traffic cone ditaruh di depan lapangan PKP DKI Jakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2