Ramai Dibahas, Dinkes Bali Tegaskan Tak Ada Turis Positif Corona

Angga Riza - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 11:25 WIB
Kadiskes Provinsi Bali I Ketut Suarjaya saat jumpa pers
Kadiskes Provinsi Bali I Ketut Suarjaya saat jumpa pers. Foto: Angga Riza/detikcom
Denpasar -

Netizen di China, di situs medsos Weibo, membahas seorang warga China positif virus corona tak lama setelah pulang dari Bali. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali menegaskan tak ada turis penderita virus corona di Bali.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Ketut Suarjaya sudah mendengar kabar WN China yang benama Jin terinfeksi virus corona, yang disebut dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) kota Huainan Provinsi Anhui. Pihaknya kini melakukan penyisiran.

"Kami sedang melakukan contact tracking, jadi sedang dicek di mana keberadaannya dulu selama di Bali," kata Suarjaya saat dihubungi detikcom, Kamis (13/2/2020).

Menurut Suarjaya, WN China tersebut sudah melewati masa inkubasi. Selama di Bali, WN asal China tersebut negatif corona.

"Karena itu kan sudah melewati masa inkubasi, kan sudah 8 hari meninggalkan Bali, artinya dia kena di sana. Masa inkubasi kan 2 sampai 7 hari kalau dari sisi teorinya nggak mungkinlah dia kena di Bali. Karena di Bali kan negatif,"

Berdasarkan informasi dari akun resmi Pemerintahan Provinsi Anhui di laman Weibo, Jin sempat berkunjung ke Bali pada akhir Januari lalu.

Video Peneliti Indonesia Bersiap Kembangkan Vaksin Virus Corona COVID-19 :

[Gambas:Video 20detik]

(tor/tor)