Ketua DPW PAN Kaltim Darlis Pattalongi Siap Maju di Pilkada Kukar

Ferdinan - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 19:12 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Kukar -

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Timur (Kaltim) Darlis Pattalongi menyatakan kesiapan maju di Pilkada Bupati Kutai Kartanegara (Kukar). Darlis mengaku sudah mengantongi rekomendasi dari DPP PAN untuk maju di Pilkada Kukar.

"Sudah dapat rekomendasi dari DPP. Sekarang sudah bergerak," kata Darlis Pattalongi saat dihubungi, Rabu (12/2/2020).

Namun PAN, menurut Darlis, membutuhkan koalisi parpol. Di DPRD Kukar, PAN memiliki 5 kursi, sedangkan syarat mengajukan pasangan calon bupati-wakil bupati Kukar minimal 9 kursi DPRD.

Untuk menjajaki koalisi ini, Darlis mengaku sudah berkomunikasi dengan petinggi parpol di Kukar, seperti Gerindra, PKS, juga PDI Perjuangan. Tokoh masyarakat Kukar juga sudah didatangi.

"Semua memiliki peluang untuk memenangkan pertarungan. Kita pasti punya strategi, metode karena kemenangan tergantung siapa memiliki strategi yang efektif ditopang koalisi partai," tutur dia.

"Tidak masalah inkumben atau newcomer," tegas Darlis.

Sejumlah parpol sudah menyiapkan ancang-ancang menghadapi Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Koalisi 531 besutan PAN, PKS, dan PPP kini diperbesar menjadi Koalisi Patin, seiring dengan bergabungnya Gerindra dan NasDem.

"Jadi prinsipnya koalisi Patin itu kan intinya sama dengan koalisi 531. Maka ini menjadi penguatan awal mula gagasan dari koalisi," ujar Ketua DPD PAN Kukar, Supriyadi, saat dihubungi terpisah.

Koalisi Patin ini, menurutnya, hanya memperbesar kesolidan sejumlah parpol. Gerindra dan NasDem kini bergabung dalam koalisi Patin.

(fdn/fdn)