Menlu Se-ASEAN Akan Kumpul Bahas Virus Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 19:00 WIB
Gedung Sekretariat ASEAN diresmikan Jokowi hari ini. Sebelum menjadi gedung Sekretariat ASEAN, bangunan itumerupakan kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
ASEAN (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya mengatakan menteri luar negeri negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan menggelar pertemuan. Pertemuan akan membahas perkembangan wabah virus corona.

"Untuk informasi tambahan, secara regional kalau tidak salah ASEAN akan adakan pertemuan tingkat Menlu, pertemuan khusus yang membahas masalah ini (virus corona)," kata Ngurah melalui video teleconference di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Ngurah mengatakan pertemuan itu akan digelar pada tanggal 20 Februari mendatang. Lokasi pertemuan ada di Laos.

"Yang akan dilakukan 20 Februari rencana di Laos merespons pembicaraan kepala negara melalui komunikasi terkait bagaimana ASEAN collectively merespon kondisi ini. Jadi ASEAN ada pertemuan khusus tingkat menteri pada tanggal 20 Februari," ucapnya.

Diketahui keganasan virus corona terus menelan korban jiwa. Jumlah korban jiwa akibat virus mematikan ini telah bertambah menjadi 1.113 orang di China dan 2 orang di luar China.

Komisi Kesehatan Nasional China seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (12/2), juga melaporkan bahwa lebih dari 44.600 orang telah terkonfirmasi positif virus corona di seluruh wilayah China.

Hingga hari ini, sekitar 2 ribu kasus baru dilaporkan, dengan 1.638 kasus ada di Provinsi Hubei, pusat wabah corona yang pertama kali muncul pada Desember 2019 lalu.

Sejauh ini, secara total, korban tewas akibat virus corona di wilayah China daratan menjadi 1.113 orang. Dua orang lainnya meninggal di Hong Kong dan Filipina, sehingga ada 1.115 orang yang meninggal.

Tonton juga Hari ke-11 WNI Jalani Karantina, Kemenkes: Kondisi Mereka Baik :

[Gambas:Video 20detik]

(lir/mae)