Din Syamsuddin: ISIS Itu Bikinan Amerika

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 18:06 WIB
Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin
Foto: Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin. (Tiara-detikcom)

Soal anak-anak yang orang tuanya bergabung dengan ISIS, Din mengatakan anak-anak belum tahu apa-apa. Din lalu menyinggung soal ISIS buatan Amerika.

"Anak-anak itu kan nggak, dalam agama pun tidak berdosa, karena belum tahu apa-apa kan? Saya ingin anu saja, bukan karena saya pro ISIS, saya tahu ISIS itu bikinan Amerika dari dulu. Maka kita nggak pernah mendukung ISIS, saya tidak pernah mau mendukung," ujarnya.

Din menegaskan termasuk dalam 300 ulama dunia yang mengajukan surat kepada pimpinan ISIS Al-Baghdadi. Surat itu untuk mematahkan alasan keagamaan dalam aksi ISIS.

"Saya termasuk yang menandatangani surat 300 ulama dunia yang mengajukan surat terbuka kepada Al-Bhagdadi untuk mematahkan alasan mereka dari sudut keagamaan tapi enggak pernah mau dijawab. Saya tahu itu bukan urusan itu, jangan dicampur baurkan kemudian ada yang kembali, wah ini pendukung ISIS, nggak," paparnya.

Din kembali mengingatkan agar setiap kebijakan berdasarkan aturan. Dia menekankan Undang-Undang Dasar menyatakan melindungi seluruh rakyat merupakan tanggung jawab negara.

"Justru saya committed dengan Pancasila, dengan Undang-Undang Dasar 45 dan begitulah bunyi Undang-Undang Dasar kita, tanggung jawab negara melindungi seluruh rakyat selama mereka masih berstatus (WNI). Lihat sajalah katanya 600-an 700-an tentu ada yang sudah tidak mengaku atau nggak mau pulang, saya tidak tahu itu. Melakukan sesuatu harus ada hukumnya," pungkasnya.

Halaman

(idh/hri)