Rutan Kabanjahe Rusuh, Polisi Pastikan Tak Ada Korban

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 17:04 WIB
DOK. Polda Sumut/ Evakuasi napi dan tahanan di Rutan Kabanjahe Sumut yang rusuh
Evakuasi napi dan tahanan di Rutan Kabanjahe Sumut yang rusuh. (Dok. Polda Sumut)
Medan -

Polisi masih mendalami penyebab kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Sumatera Utara. Polisi memastikan tak ada napi yang jadi korban akibat kerusuhan itu.

"Situasinya terkendali semua, 410 terpidana semuanya aman dan selamat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Asep mengatakan Rutan Kabanjahe dihuni oleh 380 narapidana laki-laki dan 30 narapidana perempuan. Saat ini polisi juga sedang mempersiapkan evakuasi narapidana.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Saat ini masih direncanakan pemindahan ke Lapas Gusta, Medan," ujarnya.

Sebelumnya, Menkum HAM Yasonna H Laoly menyebut kondisi di Rutan Kabanjahe, Sumut, sudah dapat dikendalikan setelah rusuh berujung pembakaran kantor. Para napi dipindahkan ke Sidikalang.

"Keadaan sudah dapat diatasi. Sebagian warga binaan pemasyarakatan dipindah ke Sidikalang. Tahanan dievakuasi ke Polres Tanah Karo," ujar Menkum Laoly, Rabu (12/2).

Laoly menyebut kerusuhan di Rutan Kabanjahe bermula dari provokasi 4 napi. Keempat napi ini menjadi tersangka kasus narkoba hasil razia pada 8 Februari.

Sempat ditahan di Polres Tanah Karo, keempat napi dan dua oknum PNS pemasok sabu dikembalikan ke Rutan Kabanjahe, Selasa, 11 Februari.

Hingga akhirnya terjadi kerusuhan pada sekitar pukul 12.00 WIB siang tadi yang diduga dipicu provokasi keempat napi.

(abw/fdn)