83 Orang di Sumut Diisolasi karena Pernah ke China

Ahmad Arfah Lubis - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 16:45 WIB
Medan -

Sebanyak 83 orang di Sumatera Utara (Sumut) karena punya riwayat perjalanan ke China. Isolasi dilakukan untuk mengantisipasi virus corona masuk ke Sumut.

"Sudah 83 orang. Mereka ini orang yang sehat, bukan terjangkit virus. Tapi mereka harus dikarantina dulu supaya melihat kondisi mereka bebeberapa saat setelah sampai di sini," ujar Kadis Kesehatan Pemprov Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (12/2/2020).

Ke-83 orang yang dikarantina ini merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Sumut melalui bandara Kualanamu maupun dari pelabuhan Belawan.

"Sesuai SOP, yang datang dari wilayah yang terjangkit corona memang harus dikarantina dulu di rumah selama 14 hari. Mereka di rumah pakai masker dan tidak boleh ke mana-mana," jelas Alwi.

Orang-orang yang dikarantina ini akan terus diperhatikan kondisi kesehatannya.

"Kalau ada demam, dia harus lapor kepada petugas kesehatan. Kita juga akan mengecek dia sewaktu-waktu. Dia diberi kartu kewaspadaan kesehatan," imbuh Alwi.

"Kita terus awasi paspor orang yang datang, kalau punya riwayat dari wilayah itu kita akan karantina. Jadi kemungkinan bertambah yang dikarantina ada," paparnya.

(fdn/fdn)