Digugat Ratusan Peserta Tes CPNS ke PN Jaksel, Pemerintah Menang

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 13:55 WIB
Gedung PN Jaksel
Gedung PN Jaksel (ari/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak gugatan yang diajukan 261 CPNS terhadap terhadap MenPAN-RB, Kepala BKN, serta Ketua DPR. PN Jaksel menyebut pihaknya tidak berwenang mengadili perkara yang diajukan.

"Mengadili satu, mengabulkan eksepsi yang diajukan tergugat dan turut tergugat. Dua, menyatakan Pengadilan Negeri tidak berwenang mengadili perkara yang diajukan," ujar Hakim Agus Widodo saat membacakan putusan sela dalam persidangan, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Rabu (12/2/2020).

Dalam pertimbanganya, hakim menyebut berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (MA), warga dapat mengajukan gugatan terhadap putusan yang dibuat oleh badan atau pemerintah. Namun, disebutkan gugatan tersebut bukan kewenangan Pengadilan Negeri, melainkan Pengadilan Tata Usaha Negara.

"Pasal 1 angka 4 Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia, no 2 tahun 2011 disebutkan bahwa sengketa melawan hukum oleh badan dan atau pejabat menangah pada sengketa yang di dalamnya mengandung putusan untuk menyatakan tidak sah dan atau batal, tindakan pejabat pemerintahan atau tidak memiliki kekuatan hukum mengikat secepat mungkin sesuai dengan UU," kata Agus.

"Menimbang dalam huruf b Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia no 2 tahun 2011, dijelaskan bahwa perbuatan melawan hukum oleh badan atau pejabat pemerintahan merupakan perbuatan pemerintahan. Sehingga menjadi kewenangan Pengadilan Tata Usaha Negara berdasarkan UU tentang Administrasi Pemerintahan," sambungnya.

Simak Juga Video ''Hari Pertama! 1.500 Peserta Tes CPNS di Cilegon"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2