4 Hari Kandas di Laut Anyer, Kapal Muatan Pisang-Kelapa Dievakuasi

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 11:20 WIB
Kapal KM Sunjaya 2 bermuatan pisang hingga kelapa kandas di perairan Anyer
Foto: Kapal KM Sunjaya 2 bermuatan pisang hingga kelapa kandas di perairan Anyer (ist)
Banten -

Kapal KM Sunjaya 2 bermuatan pisang hingga kelapa kandas di perairan Anyer, Serang, tepatnya di dekat Pelabuhan Paku. Proses evakuasi masih terus dilakukan oleh Polair dan nelayan setempat.

Kapal tersebut kandas pada Sabtu (8/2) sekitar pukul 04.30 WIB karena tersangkut karang saat hendak berlabuh di Pelabuhan Paku, Anyer. Nelayan yang yang mengetahui peristiwa tersebut langsung melakukan pertolongan kepada nakhoda dan ABK yang berjumlah 4 orang.

"Saat berangkat dari pulau Sebesi, Lampung menuju Pelabuhan Paku, Anyer sekira jam dua pagi cuaca masih dalam keadaan bagus. Saat mau mendekati Pelabuhan Paku sekira jam empat pagi cuaca sudah mulai kurang bersahabat mengakibatkan kapal keluar jalur kedorong angin dan ombak sehingga kapal tersangkut batu karang," kata Kasat Patroli Polairud Polda Banten, AKBP Noman Trisapto saat dikonfirmasi, Rabu (12/2/2020).

4 Hari Kandas di Laut Anyer, Kapal Muatan Pisang-Kelapa DievakuasiFoto: Kapal KM Sunjaya 2 bermuatan pisang hingga kelapa kandas di perairan Anyer (ist)

Polisi dibantu nelayan setempat saat ini masih melakukan proses evakuasi. Nakhoda dan ABK kapal terlebih dahulu diselamatkan. Muatan barang yang berada di atas kapal dievakuasi ke dermaga Pelabuhan Paku.

"Penumpang berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Paku, untuk muatan sekarang sedang proses pengambilan untuk diupayakan dibawa ke Pelabuhan Paku sebisa mungkin dengan menggunakan perahu moring," ujarnya.

Hingga saat ini, proses evakuasi barang masih dilakukan petugas. Evakuasi menggunakan kapal moring dan kapal nelayan setempat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

(hri/hri)