Dubes RI Lobi Penasihat Raja Salman soal Haji-WNI Terancam Hukum Mati

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 20:27 WIB
Dubes RI Lobi Penasihat Raja Salman soal Haji-WNI Terancam Hukum Mati
Foto: dok. KBRI Saudi
Jakarta -

Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, bertemu penasihat Raja Salman, Pangeran Khalid al-Faisal. Maftuh meminta pemerintah Saudi memberikan perlindungan dan kemudahan bagi jemaah haji asal Indonesia dan melobi Pangeran Khalid agar bisa membantu soal warga negara Indonesia (WNI) yang terancam hukuman mati di sana.

"Dalam pertemuan tersebut, dibahas tentang persiapan haji tahun 2020 dan juga perlindungan WNI di Arab Saudi. Pangeran Khalid al-Faisal juga menjabat ketua Lajnah Markaziyah (Pusat) Ibadah Haji Kerajaan Arab Saudi, yang memegang kebijakan yang sangat strategis dalam pelaksanaan ibadah haji," dikutip dari keterangan pers KBRI Saudi yang diterima detikcom, Selasa (11/2/2020).


"Dubes Maftuh Abegebriel juga meminta bantuan Pangeran Khalid terkait beberapa WNI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi," sambung KBRI Saudi.

Pertemuan itu dilakukan di kantor Pangeran Khalid, yang juga menjabat Gubernur Makkah di Jeddah. Mereka bertemu pada Senin, 10 Februari 2020.


"Dubes Maftuh Abegebriel juga mengucapkan terima kasih atas pemberian beberapa kemudahan untuk para jemaah haji Indonesia serta perhatian dan perlindungan yang luar biasa Pangeran Khalid terhadap para WNI yang tinggal di Arab Saudi." tulis rilis tersebut.

Menanggapi permintaan Maftuh, Pangeran Khalid al-Faisal, menegaskan sudah menjadi kewajiban pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk memberikan pengayoman dan perlindungan kepada semua WNI di Arab Saudi.

Tonton juga Pemerintah Putuskan Tak Akan Pulangkan WNI Eks ISIS! :

Selanjutnya
Halaman
1 2