Bawaslu Pandeglang Ingatkan KPU soal 8 Calon PPK dari Partai

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 16:48 WIB
Kotak-kota suara mulai dikirimkan ke PPK Kecamatan Jagakarsa. Rekapitulasi sendiri belum dimulai dan kotak suara disimpan di GOR Jagakarsa. Begini kondisinya.
Ilustrasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) (Lamhot Aritonang/detikcom)
Pandeglang -

Bawaslu mewanti-wanti KPU Pandeglang terkait adanya 8 orang yang lolos seleksi administrasi untuk jadi panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada 2020. Pasalnya, ada kecocokan nama antara calon PPK dan pengurus partai politik di Pandeglang.

Komisioner Bawaslu Pandeglang Karsono mengatakan pihaknya melakukan penelusuran rekrutmen PPK untuk pilkada di Pandeglang. Dari peserta yang lolos seleksi administrasi untuk 35 kecamatan, ditemukan kecocokan nama pengurus partai berdasarkan sistem informasi partai politik (sipol) dengan 8 nama yang lolos.

"Diduga karena ada keidentikan nama antara peserta dan sipol di pengurusan partai," kata Karsono saat berbincang di Pandeglang, Banten, Selasa (11/2/2020).

Dari 8 calon PPK tersebut, Karsono tidak membantah bahwa salah satunya adalah diduga dari PKB. Namun, selain partai tersebut, nama-nama diduga pengurus terdiri atas berbagai partai.

"Dari beda-beda partai, detailnya saya lupa," ujarnya.

Bawaslu sendiri sudah melayangkan surat rekomendasi ke KPU terkait temuan tersebut. Perlu dilakukan pencermatan mendalam jika nama yang diduga benar-benar pengurus partai.

"Kalau benar jangan sampai jadi penyelenggara pemilu atau pilkada di tingkat kecamatan," ujarnya.

Simak Video "Didukung PD-Gerindra di Pilkada Solo, Gibran: Saya Tetap Setia di PDIP"

[Gambas:Video 20detik]

(bri/jbr)