Waspada! Tiap Bulan Polisi Bali Tangkap Bule Bulgaria karena Skimming

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 13:17 WIB
Polda Bali tangkap 2 WN Bulgaria pelaku skimming di Kuta (Dok. Polda Bali)
Foto: Polda Bali tangkap 2 WN Bulgaria pelaku skimming di Kuta (Dok. Polda Bali)
Jakarta -

Aksi pencurian informasi (skimming) nasabah bank di ATM belakangan marak terjadi di Bali. Uniknya, pelaku kejahatan ini kebanyakan merupakan warga negara Bulgaria. Polisi hampir rutin setiap bulan menangkap para pelaku skimming ini.

Tahun lalu, polisi pun mengakui bahwa para pelaku kejahatan skimming ini marak dilakukan oleh warga dari negara Balkan itu. Selain WN Bulgaria, kejahatan skimming ini pun kerap dilakukan oleh WN Rusia. Polisi meminta imigrasi untuk melakukan pengetatan pengawasan.

"Kami minta memperketat pengawasan Imigrasi. Saya melihat jaringan ini memilih Bali sasaran empuknya untuk menguras harta-harta dari nasabahnya sehingga kita akan memperketat jaringan-jaringan terutama Bulgary dan Rusia. Karena pelaku paling banyak datanya skimming dan perampokan, Bulgaria dan Rusia," kata Dirkrimum Polda Bali Kombes Andi Fairan saat jumpa pers di Mapolda Bali, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Jumat (12/4/2019).


detikcom pada Rabu (11/2/2020) merangkum kembali kasus-kasus skimming yang marak dilakukan oleh WN Bulgaria sejak 2019. Berikut ini daftarnya:

1. Maret 2019

WN asal Bulgaria, Vassil Kirilov alias Bakarskyida (47) diciduk polisi di Bali. Kirilov menjadi tersangka kasus skimming atau pembobolan ATM bank senilai Rp 50 juta.

Pelaku ditangkap Minggu (17/3) pukul 07.00 Wita. Peristiwa itu bermula dari transaksi mencurigakan Jumat (15/3) pukul 06.25 Wita.

"Berawal dari informasi hasil penyelidikan diduga ada orang asing menggunakan kendaraan roda dua dengan nopol DK 6182 XX melakukan aktifitas yaitu menarik uang di ATM dengan waktu yang tidak wajar, dan melakukan penarikan sebanyak 5 kali dengan nilai Rp 10 juta," kata Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Kurniawan kepada wartawan, Senin (18/3/2019).


Hengky menambahkan dari kecurigaan tersebut dilakukan pengecekan pelat motor yang ternyata palsu. Setelah diintai sempat terjadi kejar-kejaran antara pelaku dan polisi di sekitar ATM di dekat SPBU Gunung Soputan, Denpasar.

Simak Juga Video "Larikan Diri Usai Tabrak Warga di Bali, Bule Mabuk Dikejar Massa"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5