Datang dari Negara yang Ada Virus Corona, 68 Orang Diobservasi di Sumut

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 08:31 WIB
Sejumlah warga mengikuti penyuluhan antisipasi virus Corona di kawasan Apartemen Meditarenia Marina dan Apartemen Baywalk, Jakarta Utara, Senin (3/2). Kegiatan tersebut bertujuan memberitahu kepada warga tentang bahaya virus Corona dan cara mengantisipasinya.
Ilustrasi virus corona (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Medan -

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengatakan ada 68 orang yang diobservasi di wilayah Sumut. Ke-68 orang itu diobservasi karena baru datang dari negara-negara yang terdapat orang positif virus corona.

"Ada secara akumulatif 68 orang. Ada WNA juga," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan kepada wartawan, Selasa (11/2/2020).

Dia mengatakan ke-68 orang itu tak datang bersamaan. Mereka juga disebut bukan datang dari satu negara saja.

Alwi menyebut ke-68 orang itu diobservasi di rumah masing-masing selama 14 hari. Menurutnya, observasi merupakan upaya pencegahan.

"Dari dia kedatangan sampai 14 hari. Mereka datang tidak bersamaan, mungkin juga sudah ada yang selesai (masa observasi). Sampai sekarang masih bagus semuanya," tuturnya.

Dia mengatakan mereka yang diobservasi membuat surat pernyataan untuk tidak ke mana-mana lebih dulu. Ke-68 orang itu kemudian diawasi oleh petugas Dinkes masing-masing kabupaten/kota.

Ke-68 orang itu, kata Alwi, juga termasuk lima WNA asal China yang diobservasi di Karo. Menurutnya, langkah observasi dilakukan untuk memastikan Sumut aman dari virus corona.

"Itu kita lakukan untuk memastikan kita aman, bukan untuk gagah-gagahan, bukan," ucapnya.

(haf/mae)