Profil 4 Calon Ketua Umum PAN yang Bertarung di Kongres Kendari

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 07:48 WIB
Kongres PAN yang digelar Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dibuka. Berikut foto-foto suasananya.
Foto: Pembukaan Kongres PAN di Kendari (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Empat kandidat bakal memperebutkan kursi Ketua Umum PAN 2020-2025. Mereka adalah Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur dan Dradjad Wibowo. Berikut profil singkat 4 calon ketua umum PAN tersebut.

Kongres PAN digelar di Kendari 10-12 Februari di Kendari, Sulawesi Tenggara. Tiga calon yakni Mulafchri Harahap, Asman Abnur dan Dradjad Wibowo mendaftar di DPP PAN. Zulkifli Hasan mendaftar di Kendari.

Bagaimana rekam jejak keempat calon ketua umum partai berlambang matahari putih ini? Berikut profil singkat 4 calon ketua umum PAN tersebut:

1. Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan adalah ketua umum petahana yang kembali maju di Kongres Kendari. Zulkifli Hasan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR 2019-2024.

Profil 4 Calon Ketua Umum PAN yang Bertarung di Kongres KendariFoto: Zulkifli Hasan (Istimewa)

Dilihat dari situs resmi DPR, Zulkifli Hasan tercatat pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI 2014-2019. Dia juga pernah duduk sebagai Menteri Kementerian Kehutanan 2009-2014. Pendidikan terakhir Zulkifli Hasan adalah S2 Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM Tahun 2001-2003.

Salah satu kebijakan Zulkifli Hasan terkait partai yang paling diingat adalah membawa PAN merapat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla pada 2015. Sebelum mendukung Jokowi, PAN adalah partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Saya kira sekarang ini sudah tidak relevan lagi bicara KMP dan KIH," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Tonton juga video Harapan Sandi Buat Ketum Baru PAN: Semoga Bisa Kritis ke Pemerintah:

Selanjutnya
Halaman
1 2