Respons Ketua DPRD Taput, Gubsu Edy Tegaskan Tak Musnahkan Babi

Ahmad Arfah Lubis - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 17:49 WIB
Ahmad Arfah Lubis-detikcom/ Gubernur Sumut Edy Rahmayadi
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah Lubis/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menegaskan tidak pernah memberi pernyataan akan memusnahkan babi.

Hal ini dijelaskan Edy guna menjawab tudingan Ketua DPRD Tapanuli Utara Poltak Pakpahan, yang mengatakan pernyataan Gubsu Edy soal pemusnahan babi membuat resah masyarakat.

"Yang mau musnahkan siapa? Babi ini harus kita bersama-sama mengatasinya, ini kan musibah. Untuk itu, harus bersama kita mengatasi itu. Tak bisa dijadikan itu persoalan, ribut sana-ribut sini. Kita sudah memerintahkan semua staf kita, sudah rapat bagaimana jalan keluarnya," ujar Edy kepada wartawan, Senin (10/2/2020).

Edy menjelaskan babi yang akan dimusnahkan adalah babi yang sudah terinfeksi virus hog cholera. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus.

"Sama-sama kita cari solusi yang terbaik, wabah hog cholera sampai saat ini belum ada obatnya. Vaksinnya belum ada, satu satunya cara hanya kita membersihkan tempat itu, kedua babi-babi yang terinfeksi wabah hog cholera kita musnahkan. Yang terinfeksi karena belum ada obatnya," jelas Edy.

Sebelumnya, Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan menuding pernyataan Gubsu Edy terkait pemusnahan babi membuat masyarakat resah. Poltak meminta Gubsu memberikan klarifikasi soal pernyataannya.

"Saya Ketua DPRD minta Gubernur meralat itu, sudah resah masyarakat itu. Yang menjadi persoalan sekarang ini pernyataan-pernyataan Gubernur, kita bisa memahami, tapi masyarakat tidak," ujar Poltak di gedung DPRD Sumut.

(fdn/fdn)