Viral Emas Batangan Murni Ditemukan di Jambi, Hoax or Not?

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 17:48 WIB
Video penemuan emas batangan bergambar sukarno di Jambi, polisi sebut hoax (Screenshot video viral)
Foto: Video penemuan emas batangan bergambar sukarno di Jambi, polisi sebut hoax (Screenshot video viral)
Jakarta -

Video penemuan emas batangan bergambar Presiden ke-1 RI Sukarno viral di media sosial (medsos). Disebutkan emas tersebut ditemukan di Jambi.

Dalam video berdurasi 24 detik, seseorang memperlihatkan emas berbentuk kotak. Dengan menggunakan tangan kiri, orang tersebut memperlihatkan sisi-sisi benda berwarna kekuningan tersebut.

Pada sisi yang lebar tampak gambar Sukarno dan juga burung garuda. Sementara di sisi pinggir terlihat tulisan 24.

Dalam salah satu postingan disebutkan emas tersebut ditemukan seorang warga bernama Erwin, warga Desa Penapalan, RT 3, kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi. Erwin disebutkan menemukan emas batangan tersebut di kebun dukuh.

Emas batangan itu disebut memiliki berat hampir 999,9 gram dan 99 karat. Saat ditimbang beratnya hampir 1 kilogram.

Polisi memastikan kabar tersebut. Namun tidak ada laporan yang diterima kepolisian.

"Nggak ada laporannya ke polsek maupun ke polres. Tadi saya cek ke kapolsek dan kasat serse, nggak ada," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Kuswahyudi, Senin (10/2/2020).

Kombes Kuswahyudi memastikan tak ada laporan penemuan emas tersebut. Diduga video tersebut merupakan video lama yang disebarkan kembali.

"Saya tanya ke Kapolsek Tengah Ilir, katanya nggak ada laporan masyarakat penemuan emas murni. Mungkin barang langka, mungkin (video lama)," ujar dia.

(jbr/fdn)