Bupati PPU Minta Seluruh Wilayah Jadi Ibu Kota Baru, Ini Respons DPRD Kukar

Ferdinan - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 11:04 WIB
Presiden Jokowi telah mengumumkan ibu kota baru berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Yuk kita intip kotanya.
Foto: Dikhy Sasra/Penajam Paser Utara Kaltim
Kukar -

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengusulkan agar seluruh wilayahnya menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru. DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) mengingatkan keputusan pemerintah soal pembagian wilayah Ibu Kota yakni Penajam Paser Utara dan Kukar.

"Kita nggak tahu apa pertimbangan pemkab PPU untuk mengajukan itu. Tapi kalau kita tetap mengacu pada ketetapan pemerintah pusat. Kami menghormati pusat karena sudah ditetapkan dan tentunya ada pertimbangan," ujar Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasyid, saat dihubungi, Senin (10/2/2020).

Abdul Rasyid menyebut Pemkab dan otoritas terkait di Kukar tetap mengikuti keputusan pemerintah pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pengumuman Ibu Kota Negara baru pada Senin (26/8/2019) mengatakan, lokasi ibu kota baru yang paling ideal yakni sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kita harus hormati karena sudah ditetapkan," tegas Abdul Rasyid.

Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud sebelumnya mengusulkan seluruh wilayahnya menjadi kawasan ibu kota negara yang baru.

"Kami usulkan ke pemerintah pusat dan sempat diusulkan ke Menteri ATR Sofyan Djalil. Usulan ini supaya tidak terjadi konflik-konflik lagi terkait pemekaran dan batas wilayah. Supaya terwujud pemindahan ibu kota negara baru," ujar Gafur kepada detikcom, Jumat (7/2).

Simak Juga Video "ASN di Ibu Kota Baru Harus Mempunyai Kompetensi Digital"

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)