Anies Harap Warga DKI Antisipasi Hujan Ekstrem

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 10:53 WIB
Jakarta Banjir Lagi, Anies: Sejak Jumat Malam Kami Mulai Siaga
Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom
Jakarta -

Banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat ikut mengantisipasi menghadapi hujan ekstrem.

"Jadi ke depan kita selalu siaga, semua petugas kita bersiap dan kita berharap semua masyarakat mengantisipasi hujan yang ekstrem. Tadi saya sampaikan di atas 150 itu ekstrem, dan kita mengalami di atas 240, ini perlu diantisipasi bersama," ujar Anies di di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Jalan Ragunan Raya, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Anies menjelaskan, curah hujan tinggi melanda hampir semua kawasan Indonesia. Dia juga mengatakan hujan pada Sabtu (8/2) memiliki curah hujan yang sangat ekstrem.

"Kemarin sejak dini hari, Sabtu dini hari, Jakarta mengalami curah hujan yang cukup tertinggi. Curah hujan itu disebut lebat bila di antara 50-100 mm, disebut sangat lebat bila diantara 100-150 mm, dan disebut ekstrem bila di atas 150mm," jelas Anies.

"Hujan kemarin dialami di Jakarta itu sampai dengan 244 milimeter. Jadi kita mengalami curah hujan yang sangat ekstrem karena di atas 150 ekstrem dan kita mengalami di atas 240," sambung Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan Jakarta merupakan kawasan pesisir. Hal ini menyebabkan curah hujan tinggi membuat volume air menjadi tinggi di kawasan Jakarta.

"Lalu yang kedua Jakarta juga merupakan kawasan pesisir, sehingga curah hujan yang tinggi di kawasan hulu membawa air dengan volume yang cukup besar," ucap Anies.

Selanjutnya
Halaman
1 2