Banjir Jakarta, Berikut Titik yang Kerap Jadi Langganan

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 08 Feb 2020 16:07 WIB
Hujan yang mengguyur kawasan Jakarta Utara menyebabkan banjir di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading. Jalan ini memang kerap dilanda banjir saat hujan deras mengguyur.
Ilustrasi banjir di Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Banjir Jakarta kembali terjadi hari ini, Sabtu (8/2/2020), setelah hujan lebat yang mengguyur sejak Jumat (7/2/2020) malam. Banjir Jakarta hari ini bahkan mengakibatkan pemadaman listrik seperti dijelaskan akun Twitter PLN di @pln_123, yaitu Pasar Minggu, Binawarga, Kayuputih, Pulomas, Cempaka Putih, Kemayoran, Sumur Batu, Pulogadung, Condet, Tanah Rendah, Kampung Melayu, dan Teluk Permata.

PLN memperkirakan banjir Jakarta hari ini menyebabkan pemadaman sekitar 120 gardu pada pukul 07.30 demi keselamatan jiwa masyarakat. Info BMKG memperkirakan Jakarta masih akan diguyur hujan deras selama beberapa jam mendatang. Info banjir selanjutnya bisa diperoleh dengan terus memantau Twitter BMKG, BNPB, situs lembaga terkait lainnya, atau berita online.

Banjir Jakarta memang kerap terjadi setelah hujan deras yang terjadi selama beberapa saat. Sejumlah wilayah di Jakarta bahkan menjadi langganan banjir. Berikut ini penjelasannya.

1. Jakarta Utara

Titik banjir Jakarta Utara hari ini terjadi di Kelurahan Marunda, Rorotan, Semper Barat, Semper Timur, dan Suka Pura di Kecamatan Cilincing. Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, dan Pegangsaan Dua di Kecamatan Kelapa Gading. Kelurahan Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, Tugu Selatan, dan Tugu Utara di Kecamatan Koja.

Untuk Kecamatan Pademangan ada di Kelurahan Ancol dan Pademangan Barat. Titik banjir Jakarta Utara hari ini di Kecamatan Penjaringan ada di Kelurahan Kamal Muara, Kapuk Muara, Pejagalan, Penjaringan, dan Pluit. Sedangkan untuk Kecamatan Tanjung Priok adalah Kelurahan Kebon Bawang, Papanggo, Sunter Agung, Sunter Jaya, Tanjung Priok, dan Warakas.

Titik banjir Jakarta Utara hari ini kerap menjadi yang paling banyak, seperti saat banjir lainnya. Karena itu, masyarakat disarankan berhati-hati saat melewati daerah rawan, misal ITC Cempaka Mas banjir yang mengarah ke Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara.


2. Jakarta Barat

Titik banjir Jakarta Barat hari ini untuk Kecamatan Cengkareng meliputi Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Kapuk, Kedaung Kali Angke, dan Rawa Buaya. Untuk Kecamatan Grogol Petamburan ada di Kelurahan Grogol, Jelambar, Jelambar Baru, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, dan Tomang.

Sama seperti wilayah Jakarta lain, Jakarta Barat banyak diisi apartemen yang mengklaim bebas banjir. Apartemen tersebut memang bebas banjir, namun tidak dengan wilayah atau jalan di sekitarnya. Karena itu, masyarakat sangat disarankan memantau situasi sekitar apartemen sebelum melintas saat hujan deras. Salah satunya dengan keyword yang kerap digunakan saat mencari info banjir lewat internet, misal Taman Anggrek banjir atau Central Park banjir.

3. Jakarta Timur

Jakarta Timur ada empat lokasi yang rawan genangan dan banjir (https://www.detik.com/tag/banjir). Lokasi tersebut adalah Komodor Halim Perdanakusuma, Kelurahan Cibubur di RW 02, RW 03, RW 10, dan RW 12. Kelurahan Cipinang Melayu di RW 03, RW 04, RW 12 dan Kelurahan Kampung Melayu di RW 04, RW 05, RW 07, RW 08. Masyarakat disarankan hati-hati sebelum melintasi daerah rawan banjir tersebut.

4. Jakarta Pusat

Titik banjir Jakarta hari ini untuk wilayah Jakarta Pusat meliputi depan RS AL Mintoharjo, Jalan Cempaka Putih Tengah 26, underpass Kemayoran, dan Jalan Industri 1.

Wilayah lain adalah Kecamatan Johar Baru di Kelurahan Galur RW 05 dan RW 07. Selain itu ada Kelurahan Tengsin dan Petamburan di Kecamatan Tanah Abang. Titik banjir lain adalah Cempaka Baru, Gunung Sahari Selatan, Harapan Mulya, Kebon Kosong, Serdang, Sumur Batu, dan Utan Panjang. Masyarakat disarankan hari-hati dan mencari info sebelum melintasi daerah rawan banjir, misal underpass Kemayoran yang sempat banjir hingga ketinggian 5,5 meter.

5. Jakarta Selatan

Lokasi rawan banjir di Jakarta Selatan adalah jalan H Ipin, Kelurahan Pejaten Timur di RW 07, Kemang Raya depan Kemchick, Kemang Utara IX depan Pasar Jagal, Jalan Iskandar Muda depan Gandaria City, dan Kelurahan Pondok Labu RW 01, RW 03, RW 07, RW 09, dan RW 10.

Selain itu, titik rawan banjir ada di Jalan MT Haryono bawah flyover Pancoran, terowongan kereta rel listrik (KRL) Stasiun Cawang bawah Jalan MT Haryono, kawasan Kelurahan Petogogan Jalan Wijaya Timur Raya, dan Jalan Sultan Hasanudin kawasan Mabes Polri. Wilayah lain adalah Jalan Jenderal Gatot Subroto depan Balai Kartini, Jalan Jenderal Sudirman depan Atma Jaya, dan Perempatan ITC Fatmawati.

Tonton video Jalan Binawarga Rawajati Banjir 2 Meter:

[Gambas:Video 20detik]

(row/erd)