Round-Up

RS Khusus Virus Menular Tak Harus di Pulau Kosong

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 22:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md mengunjungi Natuna untuk melihat kondisi masyarakat (Chaidir Tanjung/detikcom)
Menko Polhukam Mahfud Md dan Menkes Terawan (Chaidir Tanjung/detikcom)
Jakarta -

Usai kehebohan virus Corona, Pemerintah RI akan menyiapkan rumah sakit (RS) yang secara khusus menangani pasien virus menular. Namun, RS ini tak perlu dibangun di sebuah pulau kosong, asalkan memenuhi kriteria.

Mulanya rencana pembangunan RS eksklusif ini disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md. Rencananya, kata Mahfud, pemerintah akan mencari pulau kosong untuk RS khusus ini.

"Nanti akan segera dirapatkan (pembuatan RS). Kita akan cari satu tempat kosong pulau. Kita punya masih banyak, ribuan pulau yang masih kosong. Rencana akan dipilih satu khusus untuk RS, bukan hanya Corona," Kata Mahfud usai rapat koordinasi tingkat menteri membahas penanganan dampak virus Corona di Gedung Binagraha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).


Mahfud mengatakan proyek jangka panjang ini merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut lokasi pulau yang akan dibangun RS khusus ini masih dicari. Rapat akhirnya digelar di kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (7/2). Rapat ini langsung dipimpin oleh Mahfud dan dihadiri juga oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto .

Selanjutnya
Halaman
1 2