Bupati Usul Seluruh Wilayah Penajam Paser Utara Jadi Ibu Kota Baru

Ferdinan - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 19:06 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kaltim.
Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kaltim. (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Abdul Gafur Mas'ud mengusulkan seluruh wilayahnya menjadi kawasan ibu kota negara yang baru. Pemerintah pusat sebelumnya menyebut ibu kota baru berada di sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara (Kukar).

"Memang ada usulan seluruhnya menjadi ibu kota negara baru. Kami berkoordinasi antara eksekutif dan legislatif," kata Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Gafur, saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Wilayah PPU dengan luas sekitar 3.333 km2 menurutnya ideal untuk menjadi kawasan ibu kota baru. Bila usulan ini diterima, Gafur meyakini pembangunan ibu kota baru akan menjadi lebih cepat.

"Kami usulkan ke pemerintah pusat dan sempat diusulkan ke Menteri ATR Sofyan Djalil. Usulan ini supaya tidak terjadi konflik-konflik lagi terkait pemekaran dan batas wilayah. Supaya terwujud pemindahan ibu kota negara baru," sambungnya.

Ibu kota negara baru menurutnya akan terbagi dalam sejumlah ring/zona. Dari informasi yang diterima Bupati Gafur, pembangunan ibu kota baru akan dimulai tahun ini.

"Tinggal tunggu keputusan pemerintah pusat. Saya dengar dalam tahun ini akan mulai. Kalau Pemkab sudah memberikan masukan bahwa PPU 100 persen sudah siap," tegas Gafur.

Tonton video ASN di Ibu Kota Baru Harus Mempunyai Kompetensi Digital:

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)