PNS Tajir Melintir Gaji Rp 8 Juta Punya 19 Mobil Bongkar Borok Pengadilan!

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 17:13 WIB
Rohadi
Rohadi (ari/detikcom)
Jakarta -

Borok pengadilan kerap menjadi hal lazim dan diperbincangkan di banyak kelompok masyarakat. Tapi bila yang buka-bukaan adalah PNS pengadilan sendiri, jarang terjadi. Salah satunya diceritakan oleh Rohadi.

Rohadi merupakan PNS Jakut dengan posisi terakhir panitera pengganti (PP). Meski jabatannya PP, kekayaannya melimpah ruah. Punya 19 mobil, dua rumah mewah, rumah sakit, hingga proyek real estate.

Jejak korupsinya terbongkar saat ia ditangkap KPK pada Juni 2016. Rohadi terbukti menjadi makelar kasus (markus) untuk meloloskan Saipul Jamil. Akhirnya, Rohadi dihukum 7 tahun penjara dan pengacara Saipul Jamil, Berthanatalia, dihukum 2,5 tahun penjara.

Masuk LP Sukamiskin, ia tidak mau sendirian. Rohadi terus berkicau dia tidak beraksi seorang diri. Selama di dalam sel, Rohadi mencurahkan isi hatinya lewat e-book yang dibuatnya dengan judul 'Menguat Praktek Mafia Hukum di Balik Vonis (Kasus Pedangdut Saipul Jami). Catatan Kecil Rohadi dari LP Sukamiskin'. Dalam e-book itu, salah satunya diceritakan praktik korupsi di lembaganya.

"Ketika suatu perkara akhirnya sampai ke pengadilan, pihak terdakwa sudah disambut dengan permintaan 'uang ekstra' oleh bagian registrasi pengadilan," kata Rohadi mengawali tulisannya sebagaimana dikutip detikcom, Jumat (7/2/2020).

Tonton video Dari 4,2 Juta PNS di Indonesia, 39,1% Hanya Urus Administrasi:

Selanjutnya
Halaman
1 2