Wamenhan Timba Ilmu Digitalisasi Industri Pertahanan di India

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 11:43 WIB
Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono
Foto: Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono (Dok Istimewa)
Jakarta -

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono bicara soal kemajuan teknologi digital di industri pertahanan. Trenggono akan berupaya agar industri pertahanan Indonesia bisa mengikuti perkembangan digital.

"Saat ini memang tengah terjadi revolusi di pengelolaan pertahanan secara global dimana teknologi mulai dominan mengambil alih konsep militer lama. Ini tentu membutuhkan perubahan cara berpikir dalam strategi pertahanan perperangan di masa depan. Saya bisa lihat sendiri yang dibicarakan Pak Presiden itu benar adanya di ajang pameran ini," papar Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono saat menghadiri pembukaan DefExpo 2020 di Lucknow, India, Rabu (5/2) dalam keterangannya hari ini.

Dikatakan Trenggono, konsep perang kini punya arti yang lebih luas sejak berkembangnya era digtal. Di mana kini dunia siber juga harus diperhitungkan selain teritoori darat laut dan udara. Hal ini menjadikan arus dan keamanan data menjadi salah satu bagian penting dari militer modern.

"Kecerdasan buatan, autonomous system, sensor di Wakil mana-mana, teknologi manufaktuf aditif, dan Quantum Science menjadi pendorong untuk suksesnya transformasi digital di militer," katanya.

Hal ini sesuai dengan yang diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sebuah kesempatan, Jokowi pernah menyampaikan bahwa industri pertahanan harus cepat beradaptasi dengan era digital.

"Kalau dilihat dari pameran ini kan jelas sekali. Manufaktur industri pertahanan yang sukses di era digital itu harus kuat dalam pengembangan perangkat lunak, menguasai Teknologi Informasi, serta harus kolaborasi dengan pemain lainnya agar mampu membuat persenjataan yang sesuai dengan kebutuhan era masa depan. Ilmu yang saya dapat selama di sini akan digunakan untuk mempercepat transformasi digital di pertahanan Indonesia, agar mimpi Pak Jokowi bisa kita wujudkan," ujarnya.

Tonton juga Wamenhan Ingin Industri Pertahanan Indonesia Seperti DARPA di AS :

Selanjutnya
Halaman
1 2