Gerindra Sumut soal Cawalkot Medan: Rekomendasi Bobby Tinggal Tunggu Waktu

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 11:14 WIB
Ahmad Arfah Lubis-detikcom/ Bobby Nasution
Foto: Bobby Nasution (Ahmad Arfah Lubis/detikcom)
Medan -

Gerindra Sumatera Utara (Sumut) mengatakan rekomendasi calon wali kota Medan untuk menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, tinggal menunggu waktu. Bobby disebut segera mendapat rekomendasi dari Prabowo Subianto jika tak ada perubahan krusial.

"Dari informasi para senior di Jakarta memang bahwa kalau tidak ada aral merintang yang sangat krusial memang Gerindra berpeluang besar mendukung Bobby dan hanya menunggu waktu sajanya itu," ucap Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut, Sugiat Santoso, Jumat (7/2/2020).

Sugiat mengatakan saat ini masih ada pembahasan internal soal siapa yang bakal diusulkan sebagai bakal calon wakil untuk Bobby. Sejumlah nama seperti Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ihwan Ritonga hingga Jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, disebut berpeluang dipasangkan dengan Bobby.

"Ada pembahasan internal kalau nanti sudah keluar rekom ke Bobby, Gerindra sama seperti partai lain akan menyorongkan wakil. Ada beberapa nama berpeluang besar yang bisa diusung Gerindra sebagai wakil Bobby. Ada Ihwan Ritonga, Aulia Rahman, ada Dahnil Anzar Simanjuntak. Tapi untuk posisi wali kotanya itu sudah bisa, walau secara administrasi belum tapi sudah bisa diperkirakan itu akan jatuh ke Bobby," ujarnya.

Dia menyebut Bobby juga sudah menjalani uji visi misi hingga survei di Gerindra. Sugiat mengklaim hasil survei menunjukkan popularitas dan elektabilitas Bobby tinggi.

"Di survei internal, kami gunakan pihak kampus. Ada dua sosok yang persentasenya sangat besar. Bobby Nasution dan Ihwan Ritonga. Bobby lumayan tinggi," ucap Sugiat.

Sebelumnya, Bobby memang sudah menyerahkan formulir pendaftaran cawalkot Medan ke Gerindra. Dia saat itu juga bicara soal peluang dirinya dipasangkan dengan Ihwan Ritonga di Pilkada Medan.

"Semua teman-teman Gerindra udah bicarakan itu. Untuk mengawinkan itu, kita taaruf dulu," kata Bobby di Kantor DPD Gerindra Sumut, Jalan DI Panjaitan, Medan, Kamis (16/1).

Selain nama-nama yang mendaftar ke parpol, bursa cawalkot Medan juga diramaikan dengan nama-nama dari koalisi ormas Islam hingga GNPF Ulama. Koalisi Ormas Islam juga sudah mengerucutkan dua nama untuk didukung maju secara independen, yakni Ustaz Latif Khan dan Ustaz Azwir Ibnu Aziz.

Simak Video "PDIP Tegur Pengurus Anak Cabang Medan soal Bobby Menantu Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/gbr)