Round-Up

Formula E Batal Ngegas di Kawasan Monas

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 09:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Formula E di Monas  (Rizki Pratama)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan Formula E di Monas. (Foto: Rizki Pratama)
Jakarta -

Rencana gelaran ajang Formula E di kawasan Monas tak disetujui Setneg selaku Ketua Komisi Pengarah. Mobil-mobil balap Formula E itu akhirnya batal melaju di kawasan itu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun berupaya mencari rute lain.

Sebagaimana diketahui, pada September tahun lalu Anies mengumumkan Jakarta siap menjadi tuan rumah Formula E. Anies mengumumkannya dalam momen konferensi pers Jakarta E-Prix, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).



Di atas panggung yang di belakangnya tampak jelas tugu Monas, Anies menyebut balapan Formula E dilangsungkan di Monas. Untuk menggelar balapan itu, akan ada rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan. Tapi Anies ketika itu belum dapat memastikan detail titik yang akan mengalami penutupan karena rancangan sirkuit belum rampung.

"Intinya akan dibuat di sini, penutupan diperkirakan satu minggu," kata Anies.

Segala persiapan untuk menggelar acara bergengsi ini kemudian terus dikerjakan oleh Pemprov DKI lewat PT Jakpro. Izin dilayangkan ke Kemensetneg selaku Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka. Izin diajukan lantaran lintasan yang dipakai masuk ke kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pengajuan ini diterima pada 22 Januari lalu


Namun tak dinyana, Kemensetneg tidak menyetujui rencana Anies menggelar Formula E di kawasan Monas. Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat Komrah (Komisi Pengarah), bahwa Komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Simak Video "Komisi Pengarah Tolak Formula E Digelar di Kawasan Monas!"

[Gambas:Video 20detik]



selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3