Jokowi Wanti-wanti Riau hingga Papua soal Karhutla: Bisa Rugi Ratusan Triliun!

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 11:34 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi karhutla di Merbabu, Riau (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi karhutla di Merbabu, Riau, pada September 2019. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pemerintah provinsi (pemprov) seperti Sumut, Riau, NTT, dan Papua, akan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Musibah tersebut, kata Jokowi, dapat menimbulkan kerugian triliunan rupiah.

"Hati-hati sekali lagi Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Meskipun provinsi-provinsi yang lain juga hati-hati. Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah juga hati-hati meskipun sangat kecil. Kalimantan Timur di situ hati-hati betul. Dan provinsi-provinsi di Jawa maupun di Sulawesi, NTT, NTB, sampai Papua, hati-hati. Semuanya hati-hati," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan arahan dalam upaya peningkatan pengendalian karhutla tahun 2020. Jokowi mencontohkan kerugian akibat karhutla 2015 dan perubahan iklim yang terjadi saat ini.

"Karena kerugian kalau sudah membesar sudah bukan hanya puluhan triliun tapi bisa mencapai ratusan triliun seperti di 2015. Sekali lagi perubahan iklim sekarang ini, panasnya cuaca saat ini kita merasakan semuanya. Sehingga jangan sampai terjadi membesar pada saat cuaca sangat panas dan itu sulit dikendalikan," ujarnya.

Simak Video "Jokowi Peringatkan Kapolri-Panglima soal Karhutla: Hati-hati!"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2